Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN damping UNEJ menjadi Role Model Organisasi Pendidikan yang Raih Sertifikat Integrasi SMM-SMAP menjelang akhir tahun 2019

  • Jumat, 22 November 2019
  • dedi dedi
  • 700 kali

Jember, 20 November 2019,

MOU yang ditandatangani Kepala BSN dengan Rektor UNEJ sejak 2015 telah membuahkan prestasi menarik, 19 November 2019 UNEJ berhasil meraih sertifikat penerap integrasi SNI ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan) dan SNI ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu) dan keesokan harinya momen penyerahan sertifikat dari salah satu LSSMAP terakreditasi KAN kepada Muh Hasan selaku Rektor UNEJ yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan SDM Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian sebagai perwakilan dari BSN.

Role model penerapan SMAP dari sektor organisasi pendidikan yang telah didampingi sejak tahun 2018 lalu oleh BSN, dinobatkan sebagai perguruan tinggi pertama yang mampu meraih sertifikat penerap standar sistem manajemen tersebut, sehingga Dies Natalis tahun ini (20/11/2019) menjadi penanda buah dari usaha dan komitmen bersama seluruh pihak. 

Komitmen tinggi sudah ditunjukkan sejak awal oleh Moh Hasan dan tim saat digelar Awareness dan Sosialiasi mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) berbasis SNI ISO 37001:2016 kepada seluruh jajaran pimpinan dan perwakilan seluruh fakultas pada Juli 2018. Dilanjutkan dengan pendampingan secara intensif oleh Pusat Sistem Penerapan Standar yang saat ini berubah menjadi Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, BSN, pengembangan sistem hingga pelatihan audit internal terlaksana pada akhir tahun 2018. Hingga akhirnya seluruh kampus UNEJ yang terletak di Jember, Bondowoso, Lumajang hingga Pasuruan menjadi lingkup penerapan kedua sistem tersebut.

Dalam upacara Dies Reader di Gedung Soetardjo Jember (20/11/2019), Rektor Moh Hasan menuturkan bahwa Universitas Jember bertekad mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di ranah akademik serta non akademik, sebab sudah menjadi komitmen bersama yang tercantum dalam Rencana Strategis Universitas Jember. Dengan modal ISO 37001 SMAP dan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu yang terlebih dulu diraih, Universitas Jember optimis bakal lebih maju lagi.

Pencapaian ini merupakan kado terindah bagi salah satu perguruan tinggi negeri di Jember, merupakan momen yang tak terlupakan di penghujung tahun 2019 serta merupakan awal yang baik untuk memulai sesuai yang baik. Selamat mengemban amanah menerapkan system dengan konsisten dan komitmen yang kuat hingga tercapainya tujuan organisasi menjadi fokus paling utama, dengan menjadi perguruan tinggi terpercaya dalam keinginan serta usahanya menjalankan amanah Presiden sebagaimana tertuang didalam Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016, Tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi dan usaha mewujudkan perguruan tinggi dengan predikat WBBM dan WBK sebagaimana tercantum didalam peta jalan reformasi birokrasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) (Dit. PPSPK).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat