Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UNM Satu satunya Perguruan Tinggi Penerima SNI Award di Indonesia timur Mempertahankan Gelarnya

  • Kamis, 21 November 2019
  • 2991 kali

Untuk yang ke-15 kalinya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan SNI Award 2019 kepada perusahaan/organisasi terbaik penerap standar. SNI Award yang digelar sejak tahun 2005 ini merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia kepada organisasi yang dinilai telah menjalankan sistem manajemen operasional yang baik dan telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten. “SNI Award merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya. Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar,” jelas Menteri Riset Dan Teknologi /Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam Malam Penganugerahan SNI Award 2019 di Balai Kartini, Jakarta pada Rabu (20/11/2019).

Dalam perhelatan itu, Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengantongi Perak untuk kategori Organisasi Pendidikan Tinggi. Sebelumnya UNM juga pertama kali menyabet piala perak tahun 2018, dengan konsistensi dan peningkatan yang dilakukan oleh UNM implementasikan Standar sehingga kerja kerasnya di hargai dengan piala perak di perhelatan akbar tahunan itu.

Kepala BSN dengan para penerima Piala Perak SNI Award 2019

Kepala BSN, Bambang Prasetya dalam kesempatan tersebut menyatakan selamat kepada Penerima SNI Award dan berharap mereka bisa menjadi role model industri penerap SNI di Indonesia. “Perlu kami ungkapkan disini, bahwa BSN tidak hanya menetapkan SNI yang terkait dengan produk dan jasa saja, tetapi juga di bidang sistem manajemen, proses, dan personel, diantaranya, SNI ISO 9001 sistem manajemen mutu dan SNI ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Sehingga, BSN juga mendorong peserta SNI Award untuk menerapkan SNI ISO 37001 sebagai instrumen bagi pelaku usaha, BUMN dan pemerintah dalam mencegah tindakan penyuapan yang masih marak terjadi,” tambah Bambang Prasetya.

Dalam acara anugrah itu sebanyak 69 organisasi dan perusahaan mendapatkan penghargaan itu, yang meliputi 1 penerima SNI Award peringkat Grand Platinum; 3 penerima SNI Award peringkat Platinum; 15 penerima SNI Award peringkat Emas; 38 penerima SNI Award peringkat Perak; serta 13 penerima SNI Award peringkat Perunggu.

Dengan diraihnya kembali piala SNI Award ini diharapkan menyusul organisasi perguruan tinggi lainnya di Indonesia Timur dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (opiq).