Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIARAN PERS: 69 Perusahaan/Organisasi Terbaik Penerap SNI, Raih SNI Award

  • Kamis, 21 November 2019
  • 1489 kali

SIARAN PERS

No. 4070 /BSN/B2-b2/11/2019

69 Perusahaan/Organisasi Terbaik Penerap SNI, Raih SNI Award


Untuk yang ke-15 kalinya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan SNI Award 2019 kepada perusahaan/organisasi terbaik penerap standar. SNI Award yang digelar sejak tahun 2005 ini merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia kepada organisasi yang dinilai telah menjalankan sistem manajemen operasional yang baik dan telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten.

 

“SNI Award merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya. Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar,” jelas Menteri Riset Dan Teknologi /Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam Malam Penganugerahan SNI Award 2019 di Balai Kartini, Jakarta pada Rabu (20/11/2019).

 

Bambang Brodjonegoro mengapresiasi BSN yang hingga tahun 2019 konsisten menyelenggarakan SNI Award dan berharap agar kualitas penyelenggaraan SNI Award perlu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. “Kita semua harus mampu menjaga kredibilitas penghargaan ini dengan baik, sehingga jangan sampai SNI Award terkesan “sekedar award”. SNI Award harus memberikan nilai tambah dan berdampak yang positif bagi penerimanya, sehingga Penerima SNI Award menjadi perusahaan/organisasi yang unggul baik di level nasional maupun internasional,” pungkas Bambang Brodjonegoro.

 

Bambang Brodjonegoro juga berharap dengan adanya SNI Award memiliki dampak yang luas bagi pelaku industri lainnya untuk menerapkan SNI, baik itu dari penyedia bahan baku, manufaktur, distributor maupun pihak terkait lainnya. “Khusus untuk lembaga pemerintah atau BUMN, SNI harus menjadi persyaratan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kebijakan ini akan mendorong tumbuhnya industri yang memproduksi barang yang berkualitas dan memberikan pelayanan jasa sesuai harapan pelanggan yang pada akhirnya menjadikan Indonesia berdaya saing tinggi,” ujar Bambang Brodjonegoro.

 

Kepala BSN, Bambang Prasetya dalam kesempatan tersebut menyatakan selamat kepada Penerima SNI Award dan berharap mereka bisa menjadi role model industri penerap SNI di Indonesia. “Perlu kami ungkapkan disini, bahwa BSN tidak hanya menetapkan SNI yang terkait dengan produk dan jasa saja, tetapi juga di bidang sistem manajemen, proses, dan personel, diantaranya, SNI ISO 9001 sistem manajemen mutu dan SNI ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Sehingga, BSN juga mendorong peserta SNI Award untuk menerapkan SNI ISO 37001 sebagai instrumen bagi pelaku usaha, BUMN dan pemerintah dalam mencegah tindakan penyuapan yang masih marak terjadi,” tambah Bambang Prasetya.

 

Selain itu, lanjutnya, SNI Award diharapkan mendorong organisasi menerapkan beberapa SNI. Diantaranya, SNI ISO 26001:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial, untuk mendukung terwujudnya SDG’S di Indonesia serta SNI ISO 37120:2018 Pembangunan perkotaan dan masyarakat yang berkelanjutan — Indikator-indikator untuk layanan perkotaan dan kualitas hidup.

 

SNI ISO 37120:2018 merupakan dasar dari pelaksanaan smart city yang berisikan indikator, cara mengukur dan kriteria yang ada didalam smart city. BSN juga mengembangkan skema untuk mengukur maturitas smart city berdasarkan ISO 37122.

 

Untuk diketahui, tahun 2018 lalu, SNI Award dianugerahkan kepada 56 organisasi dan perusahaan yang dinilai paling baik dan konsisten dalam menerapkan dan mempromosikan SNI.

 

Pada tahun 2019, penghargaan SNI Award diberikan kepada 69 organisasi dan perusahaan, yang meliputi 1 penerima SNI Award peringkat Grand Platinum; 3 penerima SNI Award peringkat Platinum; 15 penerima SNI Award peringkat Emas; 38 penerima SNI Award peringkat Perak; serta 13 penerima SNI Award peringkat Perunggu.

 

Perusahaan penerima Anugerah SNI Award tahun 2019 masih 12 kategori, namun tahun ini SNI Award mengalami perluasan lingkup kategori. Selain itu, SNI Award tahun 2019 juga memberikan penghargaan Role Model SNI kepada perusahaan yang pernah memperoleh Grand Platinum dan tetap konsisten menerapkan SNI, yaitu Appreciation for Maintaning grand Platinum.

 

“Dari tahun ke tahun, pendaftar SNI Award mengalami perubahan. Pada tahun 2016, sebanyak 108 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Pada tahun 2017, sebanyak 126 organisasi/perusahaan. Pada tahun 2018, sebanyak 208 organisasi/perusahaan. Pada tahun 2019, sebanyak 188 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Setelah dilakukan penyaringan terdapat 146 peserta yang lolos verifikasi,” jelas Bambang Prasetya.

 

Dari jumlah tersebut lolos sampai tahap onsite atau kunjungan lapangan sebanyak 93 organisasi/perusahaan. Pada tahap berikutnya, penilaian oleh dewan juri, ditetapkan 69 organisasi/perusahaan sebagai penerima.

 

Proses penilaian SNI Award dilakukan secara ketat oleh tim juri yang diketuai pakar ekonomi Rhenald Kasali dengan beranggotakan 20 orang yang ahli di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Para juri berasal dari industri, pemerintah, perguruan tinggi, maupun asosiasi.


KATEGORI PENERIMA SNI AWARD TAHUN 2019


1. Organisasi Kecil Barang
2. Organisasi Kecil Jasa,
3. Organisasi Menengah Barang Sektor Agro
4. Organisasi Menengah Barang Sektor Logam,Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika
5. Organisasi Menengah Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan,
6. Organisasi Menengah Jasa
7. Organisasi Besar Barang Sektor Agro
8. Organisasi Besar Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika
9. Organisasi Besar Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan
10. Organisasi Besar Jasa,
11. Organisasi Pendidikan Menengah,
12. Organisasi Pendidikan Tinggi.


Jakarta, 20 November 2019

Kontak Person :

Kasubdit Diseminasi Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN
Muti Sophira Hilman
Email : muti@bsn.go.id

Kepala Bagian Humas BSN
Denny Wahyudhi
Email : denny@bsn.go.id