Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN bersama ARPI Selenggarakan Seminar Internasional Standar Kelembaban/Suhu Pengiriman Paket

  • Kamis, 14 November 2019
  • Humas BSN
  • 374 kali

Sebagai tindak lanjut penyelenggaraan Sidang dan Workshop ISO/PC 315, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) menyelenggarakan Seminar Internasional mengenai Standar Kelembaban/Suhu Pengiriman Paket, Kamis (14/11/2019) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Standar kelembaban/suhu untuk pengiriman paket sangat diperlukan termasuk paket-paket untuk konsumsi seperti makanan dan farmasi. Oleh karena itu, cakupan pemangku kepentingan terkait standar ini sangat luas diantaranya adalah pengguna skala industri teknologi jasa pengiriman terkendali, peralatan, dan produsen produk, akademisi, lembaga pendidikan dan penelitian. Demikian disampaikan oleh Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi, dan Teknologi Informasi BSN, Y. Kristianto Widiwardoni saat membuka acara.

"Terkait kebutuhan layanan pengiriman paket yang memerlukan standar kelembaban/suhu memiliki pemangku kepentingan yang luas diantaranya adalah pengguna skala industri teknologi jasa pengiriman terkendali, peralatan, dan produsen produk, akademisi, lembaga pendidikan dan penelitian, organisasi standardisasi, industri konsorsium, bank pembangunan dan lembaga keuangan dan bantuan multilateral, pemerintah badan dan otoritas regulasi," terang Kristianto.

Lebih lanjut, Kristianto menyampaikan, "Dengan adanya standar dimaksud akan membantu penyedia layanan pengiriman paket untuk meningkatkan kualitas dan konsistensi layanan, serta sangat membantu pengguna layanan untuk mendapat informasi keputusan tentang penyedia mana yang harus dipilih."

"Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kepercayaan pada layanan tersebut," sambung Kristianto.

Seminar mengundang pembicara dari berbagai negara diantaranya adalah Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi, dan Teknologi Informasi BSN, Y. Kristianto Widiwardono; Ketua ARPI, Hasanuddin Yasni; Ketua ISO/PC 315, Toshinori Nemoto; Perwakilan Yamato Holdings, Co. Ltd, Katsuaki Okawara; Perwakilan Otoritas Transportasi Thailand, Piyawan Thapangpan; Chronopost - Perancis, Richard Grondin, dan lain-lain.

Pengembangan standar mengenai layanan pengiriman berpendingin yang dikontrol suhu ini membutuhkan keahlian khusus dan menjangkau pemangku kepentingan dalam komunitas ISO, asosiasi industri, juga konsorsium terkait, sehingga standar yang dikembangkan menjadi relevan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Indonesia sendiri sudah menjadi anggota ISO / PC 315, yang sangat bermanfaat untuk memahami kegiatan-kegiatan mengenai standardisasi yang sedang dikerjakan oleh komite. (PjA - Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat