Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukungan BSN Terhadap Pengembangan UMKM di Yogyakarta

  • Senin, 21 Oktober 2019
  • 1258 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) berpartisipasi dalam kegiatan Workshop dan Temu Bisnis Nasional UMKM II di Yogyakarta, dengan memberikan informasi kelembagaan serta standardisasi dan penilaian kesesuaian di stand pameran, pembicara seminar, juga coaching penerapan SNI kepada UMKM. Acara yang mengambil tema “Menembus Pasar Disruptif, Menuju UMKM Tangguh dan Berkelanjutan untuk Mendukung Kekuatan dan Kedaulatan Ekonomi Bangsa” tersebut, diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 16-18 Oktober 2019, di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta.

Dalam sesi seminar di Workshop dan Temu Bisnis Nasional UMKM II, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Donny Purnomo menyampaikan tentang peran Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam meningkatkan daya saing produk usaha UMKM. Dihadapan sekitar 150 orang peserta yang merupakan pelaku usaha UMKM Yogyakarta dan sekitarnya, Donny menyampaikan bahwa konsumen, dan pemerintah membutuhkan jaminan bahwa barang, jasa, proses, sistem yang digunakan, atau personel yang melakukan kegiatan tertentu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Penerapan SNI yang dibuktikan melalui sertifikat SNI akan memberikan jaminan aspek keamanan, kesehatan, keselamatan, dan perlindungan lingkungan kepada konsumen. Jika UMKM menerapkan SNI maka kepercayaan publik akan meningkat sehingga menjadi daya saing yang dapat memperluas akses pasar.

BSN turut membuka stand di dalam Workshop dan Temu Bisnis Nasional UMKM II. Melalui stand BSN, para pelaku usaha UMKM, selain memperoleh informasi kelembagaan serta standardisasi dan penilaian kesesuaian, juga dapat melakukan konsultasi SNI. Di stand pameran, BSN juga menggandeng UMKM binaan BSN asal Bantul, Yogyakarta, yaitu PT. Harimukti Teknik, produsen mesin laundry dengan merk KANABA. Pengunjung dapat secara langsung memperoleh informasi kisah sukses penerapan SNI oleh KANABA sehingga dapat menembus pasar nasional dan mulai merambah ke mancanegara.

BSN juga melakukan coaching penerapan SNI terhadap pelaku usaha UMKM peserta Workshop dan Temu Bisnis Nasional UMKM II. Dalam coaching, peserta memperoleh informasi mengenai proses sertifikasi SNI, program pembinaan UMKM oleh BSN, serta diberikan motivasi agar bersemangat meningkatkan daya saing usahanya melalui penerapan SNI.(humas)




­