Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Komitmen Penerapan Standar dan Regulasi di SMVIC

  • Selasa, 24 September 2019
  • Muhammad bahrudin
  • 749 kali

Shanghai, 23 September 2019, Tim program TMC BSN mengadakan kunjungan (best practice) ke lokasi lab pengujian dan lembaga inspeksi kendaraan bermotor yaitu SMVIC (Shanghai Motor Vehicle Inspektion Certification) yamg berlokasi di Shanghai.

Tim TMC diterima dengan baik oleh Vice Presiden SMVIC yaitu Zhu Xiaoming. Pada sesi diskusi, beliau menyampaikan mengenai regulasi, dan kegiatan yang dilakukan untuk memgurangi polusi, melalui pengendalian emisi kendaraan dan bahan bakar di china. Kendaraan listrik adalah salah satu sektor yang dikembangkan untuk tujuan tersebut,

Zhu mengamini bahwa dukungan kebijakan pemerintah dan roadmap kendaraan listrik China menjadi pilar utama implementasi kendaraan listrik di China, hingga saat ini kita tidak lagi menemukan sepeda motor berbahan bakar minyak dijalan jalan umum kota kota besar di Cina, tidak seperti 10 tahun lalu.

Hal itu ternyata dibarengi dengan optimalisasi upaya efesiensi energi, mulai dari penerapan energi label pada peralatan listrik rmh tangga, hingga industri otomotif wajib bagi menerapkan euro 6 (dan telah diadopsi menjadi China 6) apabila produk kendaraannya akan masuk pasar Tiongkok.

Sebagai lembaga inspeksi dan pengujian, mereka paham betul pentingnya akreditasi dan berpartisipasi aktif dalam forum internasional termasuk IEC, mereka juga menjalin hubungan bilateral dengan lembaga lain diluar negeri. Perlu diketahui bahwa SMVIC adalah salah satu lembaga yang dilibatkan dalam menyukseskan OBOR inisiatif.

Tim BSN melihat fasilitas pengujian yg dimilliki SMVIC, yang sudah dapat mengakomodasi pengujian standar otomotif di EU, UN/ECE, USA, dan Jepang. Hal itu dibuktikan dengan produsen kendaraan eropa (VW, BMW, Mercy, Buick), Jepang (Yamaha) maupun USA (Ford) menjadi partner utama mereka.

Melalui proses komunikasi yang apik, kedua belah pihak berharap kegiatan ini juga dapat sebagai pintu untuk melakukan kerjasama lainnya seperti: pertukaran informasi, melakukan analisis standar serta melakukan riset strategis di bidang energi dan kendaraan listrik. Apabila hal tersebut dapat dilakukan tentunya akan berdampak positif bagi pengembangan infrastruktur mutu nasional khususnya pada sektor otomotif - kendaraan listrik. Bukan tidak mungkin Indonesia menjadi maju 1 dekade ke depan.

Hal menarik lainnya, SMVIC juga didaulat untuk dikunjungi oleh delegasi dunia dalam forum IEC di Shanghai, pada medio Oktober yang akan datang. (TMC-CHN)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat