Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

LABORATORIUM UNHAS SIAP DIAKREDITASI

  • Jumat, 27 September 2019
  • Pusat ALLI
  • 919 kali

Dalam rangka mendukung “Indonesia Timur Ber-SNI” Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Makassar kerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) melalui Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin (UNHAS) mengadakan Awarness SNI ISO/IEC 17025:2017, Jum’at (27/9/2019). Kegiatan ini merupakan salah bagian dari implementasi MoU antara UNHAS Dan BSN. Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari berbagai Laboratorium di beberapa Fakultas dengan instruktur Diana Boes yang merupakan Asesor Komite Akreditasi Nasional (KAN) bidang laboratroium penguji , Idawati dari Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar dan  Taufiq Hidayat perwakilan KLT BSN Makassar.

Gambar 1. Peserta Inhouse Training Awareness SNI ISO/IEC 17025:2017

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA UNHAS, Dr. Eng. Amirudin, M.Si. Proses In House Training merupakan salah satu target kinerja dari rektor tentang akreditasi laboratorium. Ia mengatakan rektor menugaskan FMIPA, F. Farmasi, F. Peternakan, F. Kehutanan, F. Teknik, F. Kesehatan Masyarakat dan F. Kedokteran untuk akreditasi laboratoriumnya. Tahapan yang sudah dilakukan adalah penyusunan dokumen mutu, audit internal namun masih dalam proses adalah Kalibrasi alat serta uji banding antar laboratorium paparnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc Ketua LPMPP dalam sambutannya menyatakan LPMPP UNHAS siap dalam memfasilitasi laboratorium di fakultas untuk mempersiapkan akreditasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017. Salah satunya adalah peningkatan kompetensi personel dengan mengadakan in house training seperti sekarang ini. Persiapan kita sudah matang apalagi sekarang sudah didampingi KLT BSN Makassar dalam persiapan akreditasi laboratorium ungkapnya.

Gambar 2. Penyerahan Plakat Oleh Dekan FMIPA Unhas dan Ketua LPPMP Ke KLT BSN Makassar

Materi yang diberikan dalam awareness adalah verifikasi/validasi metode, kalibrasi alat, ketidakpastian pengukuran, analisis resiko dan peluang, tinjauan manajemen dan pengenalan SNI ISO/IEC 17025:2017. In House training dilaksanakan selama dua hari, hari pertama disampaikan tentang pengenalan SNI ISO/IEC 17025:2017 oleh Taufiq dan Kalibrasi Alat serta ketidakpastian pengukuran oleh Idawati, hari berikutnya dijelaskan oleh Diana dengan materi Verifikasi/validasi metode. Para peserta sangat antusias dengan pelatihan ini karena berlangsung dengan menarik oleh pemateri yang dalam melakukan penyampaian materi dengan berdiskusi kelompok dan melakukan praktek langsung sehingga semua peserta aktif. Selain itu, diberikan pula contoh-contohperhitungan di dalam kelas sehingga menambah wawasan para peserta (KLT_MKS).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat