Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KJRI Shanghai Siap Bersinergi dengan BSN

  • Jumat, 27 September 2019
  • 4573 kali

Shanghai, 26 September 2019, bersamaan dengan diadakannya kegiatan Tailor Made Course, delegasi Indonesia berkunjung ke Konsulat Jenderal RI-Shanghai, RRT. Delegasi Indonesia yang diketuai oleh Minanuddin, hadir bersama perwakilan dari anggota tim yaitu Evan Buwana, Mulad Aribowo, Fery Christianus, Reni Selvianingati, dan Albi Kusuma.

Delegasi Indonesia diterima oleh Kepala Fungsi Ekonomi, Widya Parsaoran Gultom. Pihak Konsulat Jenderal RI-Shanghai menerima kedatangan tim dan menyambut baik kunjungan BSN. Beliau menjelaskan bahwa wilayah kerja Konsulat Jenderal RI-Shanghai meliputi 5 (lima) wilayah provinsi, serta memberikan pemaparan tentang perkembangan ekonomi China saat ini yang mengalami kemajuan sangat pesat dan sejajar dengan ekonomi negara maju lain, seperti USA.

Di tengah acara, Bapak Konsul Jenderal RI-Shanghai, Deny W. Kurnia,  menyempatkan hadir untuk ikut berdiskusi dalam pemaparan mengenai BSN dan kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian yang disampaikan oleh Evan Buwana. Dalam paparannya, Evan menjelaskan kegiatan pengembangan dan penerapan standar, pentingnya penilaian kesesuaian, dan memperkenalkan beberapa standar diantaranya SNI ISO 9001, SNI ISO 31000, SNI ISO 27001 dan SNI ISO 37001.

Selain itu disampaikan juga mengenai pengembangan sistem informasi berbasis web BSN tentang kesepakatan bilateral di bidang SPK yang dapat memberikan pengetahuan praktis bagi stakeholder.

“BSN adalah lembaga yang memiliki peranan penting dalam menghadapi persaingan dan perdagangan global. Oleh karena itu, seluruh stakeholder yang terkait termasuk BSN harus dapat bersinergi dan bersama-sama memperkuat fungsi kelembagaannya di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian agar secara simultan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjadi bangsa yang berdaya saing seperti China yang saat ini telah menjadi negara manufaktur dan industri terbesar di dunia,” terang Deny W. Kurnia pada saat diskusi.

Penyerahan plakat oleh Delegasi BSN kepada KJRI-Shanghai, ki-ka: Deny W. Kurnia (Konjen RI-Shanghai), Minanuddin (BSN) dan Evan Buwana (BSN)

Dalam penutupan acara diskusi tersebut, Bapak Konjen berharap BSN dan KJRI Shanghai dapat bersinergi untuk kepentingan bangsa melalui berbagai kegiatan di bidang SPK. Sebagai contoh; pertukaran informasi khususnya terkait bilateral Indonesia-China, kegiatan awareness penerapan standar sistem manajemen resiko dan anti penyuapan sehingga harapannya dapat mendukung kinerja dan tupoksi KJRI Shanghai khususnya dalam pelayanan publik. (TMC CHN)