Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemkot Tangerang Siap Revitalisasi Pasar Anyar

  • Selasa, 24 September 2019
  • Humas BSN
  • 131 kali

TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang berencana akan merevitalisasi Pasar Anyar yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tangerang layaknya hotel berbintang berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Sejauh ini masih dalam proses perencanaan oleh Bappeda Kota Tangerang bersama stakeholder.

Wali Kota Tangerang, Arief H Wiswansyah mengatakan nantinya Pasar Anyar tersebut akan terdapat semacam tempat tinggal untuk warganya dan para pedagang. Tidak hanya itu, pusat ekonomi tersebut juga akan menjadi tempat konektivitas moda transportasi umum dan akan terealisasi tahun 2019 akhir.

Tak tanggung-tanggung, Arief mengatakan telah mempersiapkan dana sebesar Rp 75 miliar untuk revitalisasi Pasar Anyar Tangerang. "Tahun ini sebenarnya bisa dikerjakan. itu ada anggaranya dari pemerintahan pusat Rp 75 miliar dari Jokowi", ujar Arief di Pasar Anyar.

Ia menerangkan, konsep TOD yakni semua moda transportasi umum akan dapat menurunkan dan mengambil penumpang langsung di Pasar Anyar Tangerang dibekali halte yang modern. Pasar Anyar nantinya juga akan tersambung dengan Stasiun Tangerang yang dapat memudahkan warga bila ingin menggunakan moda transportasi kereta api.

Namun, hingga saat ini, Pemkot Tangerang masih menunggu hasil kajian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan desain kawasan. "Nanti akan dibuat sama Kementerian PUPR. Karena Kementerian PUPR tidak punya gambar, nah kita sudah punya gambar desain awal tapi masih kita revisi. Ini yang sedang kita tanyakan mau pakai gambar mereka apa kita", jelas Arief.

Terakhir, Arief mengatakan, bila memungkinkan Pasar Anyar Tangerang akan disediakan sport center di tengahnya hingga hunian vertikal yang akan dibangun dekat Pasar Anyar Tangerang. "Karena kita ingin buat pasar kita nyaman, multifungsi jadi bukan hanya pasar jadi ada terminalnya. Naik turun angkot di dalam pasar. Kita juga ingin ada semacam tempat olahraga di sini untuk masyarakat yang belanja bisa sambil olahraga", tutupnya.

Pemerintah memang sedang gencar mengupayakan pasar tradisional untuk menuju ke pelayanan Standar Nasional lndonesia (SNI) dengan fasilitas yang memadai sehingga bisa tantangan di era teknologi dan kompetisi yang ketat. Pasar tradisional yang berada di kota Tangerang berjumlah 38, di mana 7 diantaranya dikelola PD Pasar Kota Tangerang. Dari puluhan pasar tradisional itu, beberapa diantaranya yakni, Pasar Modern Town Market, Pasar Bandeng, dan Pasar Malabar telah mendekati kriteria SNI. (adv)

 

 

Satelit News, 24 September 2019, halaman 10



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat