Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Layanan Berkelas RS Khusus Mata Sumsel

  • Selasa, 24 September 2019
  • 3120 kali

Kita tentunya tidak asing dengan salah satu tagline kuliner ibu kota rasa bintang lima harga kaki lima. Di Sumsel, selain kulinernya enak, harga bersahabat, layanan kesehatannya pun cukup lengkap, bahkan beberapa rumah sakit yang dibangun oleh pemerintah menjadi rujukan nasional. Diantaranya RS Moehammad Hoesin, RS Khusus Gigi dan Mulut, RS Siti Fatimah, dan RS Khusus Mata (RSKM).

 

Khusus layanan kesehatan mata, masyarakat di Sumsel dapat merasakan layanan prima berkelas tapi harga pemerintah. Di RS Khusus Mata Sumsel, yang dibangun cukup megah di lahan seluas lebih dari 1/3 hektar ini, kita cukup mengeluarkan uang 5000 rupiah untuk mendapatkan pemeriksaan mata dan konsultasi dokter spesialis mata.

 

Untuk operasi lasik saja, cukup 14,5 juta rupiah untuk sepasang bola mata. Harga ini setara dengan operasi lasik di ibu kota tapi hanya untuk satu bola mata.

 

Tarif ringan bukan berarti mengorbankan kualitas layanan. Ini yang menjadi tekad RS Khusus Mata Sumsel. Di samping fasilitas dan teknologi yang mumpuni, layanan dan operasional didukung oleh 10 dokter umum dan spesialis, 48 tenaga paramedis, 7 tenaga farmasi, dan 3 ahli gizi.

 

Disamping melayani program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan mata masyarakat, RS Khusus Mata juga menyasar layanan masyarakat kelas menengah atas yang sering berobat ke luar negeri. Berbagai inovasi sudah dibuat, diantaranya one stop services, layanan konsultasi, medis mata sampai layanan optik. RS Khusus Mata Sumsel menjadi satu-satunya di Sumatera yang memiliki layanan optik terintegrasi ini.

 

Akreditasi RS saja belum cukup bagi RSKhusus Mata. Lebih dari itu, RSKM menerapkan SNI ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) sejak 2015 melalui pembinaan dari BSN. Sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja dalam penerapan standar dan kualitas pelayanan RSKM pun mengikuti SNI Award. Tahun ini merupakan kali ke-3, RS Khusus Mata Sumsel mengikuti SNI Award. Penilaian lapangan sudah dilakukan yang dipimpin oleh Muti Sophira Hilman (20/09).

 

Standar dijadikan salah satu panduan bagi RS Khusus Mata menuju pelayanan prima yang mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan. Standar ibarat "pegangan anak tangga" yang turut menuntun RS Khusus Mata Sumsel Naik Kelas menuju visi menjadi Rumah Sakit Khusus Mata Kelas Nasional. (kltplm)

 

Daftar tarif layanan kesehatan mata RS Khusus Mata Sumsel

Video Profil RS Khusus Mata Sumsel

Website resmi: http://rskmata.sumselprov.go.id/




­