Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dengan Inovasi, Pupuk Kujang Siap Bersaing dalam SNI Award 2019

  • Jumat, 20 September 2019
  • 2778 kali

PT.Pupuk Kujang, adalah salah satu anak perusahaan BUMN Pupuk Indonesia (Persero) yang beroperasi di pulau Jawa, dengan produk utama pupuk urea, NPK, amonia ()dan organik. Pupuk tersebut dihasilkan dari 2 pabrik di Cikampek yang berada di area seluas 550 ha, selain digunakan untuk areal pabrik, lahan seluas itu dimaanfaatkan untuk Kawasan Industri Kujang Cikampek, sarana olahraga, klinik, sekolah, perumahan, taman kelestarian hayati, danau penampungan air yang bisa digunakan untuk warga sekitar.
Pupuk Kujang sejak tahun 2015 belum pernah absen mengikuti ajang penghargaan SNI Award, dengan total penghargaan yang diraih tiga piala emas dan satu piala perak untuk kategori Organisasi Besar Barang sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Produk Pertambangan. “Kami ingin membuktikan bahwa kami sudah melakukan tindakan perbaikan sesuai umpan balik SNI Award tahun 2018 dan harapan kami bisa meraih penghargaan emas atau bahkan platinum untuk tahun ini” Ungkap Maryono Direktur produksi saat menerima dan membuka kegiatan penilaian lapangan SNI Award 2019 yang dihadiri oleh lead evaluator Chaerudin darsa didampingi Bagus M Irvan, dan jajaran direksi pupuk kujang di ruang rapat PT. Pupuk Kujang, Cikampek(19/9/2019) 

Pada sesi evaluasi, Tim pupuk kujang menyampaikan banyak inovasi yang dilakukan dalam menghadapi tantangan pada tahun 2019 ini, salah satunya dengan menerapkan SNI ISO 50001:2012 Sistem Manajemen Energi untuk menanggulangi kesediaan gas yang semakin menipis imbasnya harga melonjak, SNI produk 02-0086-2005 Pupuk tripel superfosfat untuk produk Great Phos dan SNI 6729:2016 sistem pertanian organik. Selain penerapan tiga SNI pada tahun 2019, pupuk kujang juga menambah target pasarnya dengan memasok produk retail pupuk ber-SNI untuk konsumen rumahan, strategi ini merubah paradigma Business to Business menjadi Bussiness to Customer, sampai bulan ini produk retail pupuk kujang sudah bisa ditemukan di 24 supermarket dan kios pertanian di pulau jawa. (iw) (DIt. PPSPK)