Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Komitmen BSN untuk Penerapan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di Kabupaten Bekasi

  • Selasa, 17 September 2019
  • Humas BSN
  • 465 kali

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Uju, di Kantor Bupati Bekasi, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/9/2019). Pertemuan dilaksanakan BSN untuk mendorong organisasi pemerintah daerah di Kabupaten Bekasi agar menerapkan standar Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 serta Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016.

“Kabupaten Bekasi dinilai oleh Bappeda paling strategis di Jawa Barat. Oleh karenanya, BSN menyarankan agar Kabupaten Bekasi dapat menerapkan SNI ISO 9001:2015 dan diintegrasikan dengan SNI ISO 37001:2016 agar pembangunan di wilayah ini semakin optimal,” ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah. Penerapan standar ini sebagai upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat dan membangun sistem birokrasi yang bersih dan akuntabel.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyambut baik ajakan dari BSN. "Sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, yang memiliki 15.000 UKM, perlu dioptimalkan pengelolaannya melalui standar untuk menggerakkan sektor riil, serta menjaga pertumbuhan ekonomi Bekasi yang diatas rata-rata nasional," ujar Sekda Kabupaten Bekasi, Uju.

Dalam pertemuan juga dibahas rencana penyusunan program-program yang dapat mendukung upaya meningkatkan daya saing industri dan UMKM di Kabupaten Bekasi. Untuk pengukuran program prioritas, BSN akan intens berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, termasuk mengikuti proses penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Kabupaten Bekasi, termasuk pembuatan program-program yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam kesempatan yang sama Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno mengatakan "Kantor Layanan Teknis Bekasi siap membantu dan mendampingi terkait penerapan SNI bagi UKM-UKM di wilayah Kabupaten Bekasi."

Sebagai tindak lanjut kerjasama antara BSN dengan Pemkab Bekasi yang ditandatangani pada 10 Desember 2018 lalu, BSN telah melakukan kegiatan-kegiatan dibidang standardisasi dan penilaian kesesuaian, antara lain sosialisasi dan pendampingan UMKM, industri, dan perguruan tinggi, serta mendirikan Kantor Layanan Teknis (KLT) sebagai upaya untuk mendekatkan layanan standar dan penilaian kesesuaian di wilayah Kabupaten Bekasi. (PjA - Humas BSN)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat