Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sidang ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality Working Group 2 ke-37

  • Sabtu, 14 September 2019
  • Humas BSN
  • 612 kali

Konsistensi Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam pengembangan standar kian diakui oleh dunia internasional. Indonesia pun dipercaya menjadi tuan rumah sidang ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality Working Group 2 (ACCSQ WG 2) ke-37. Sidang ini bertujuan untuk mengembangkan kebijakan dan pedoman yang selaras di bidang akreditasi dan penilaian kesesuaian diantara negara-negara anggota ASEAN.

 

“Sidang ini sangat penting karena akan memperkuat infrastruktur mutu di negara-negara anggota ASEAN,” ujar Kepala BSN, Bambang Prasetya saat membuka sidang di Yogyakarta pada Rabu (11/9/2019). Dalam kesempatan ini, Bambang pun menyampaikan bahwa ACCSQ telah meminta Working Group (WG) dan Product Working Group (PWG) untuk melanjutkan studi mengenai kota pintar (smart city) dan Revolusi Industri 4.0 yang telah ditetapkan sebagai prioritas baru di ASEAN.

Sidang ACCSQ WG 2 dilaksanakan pada 11-13 September 2019. Sidang ini dihadiri oleh delegasi dari seluruh negara ASEAN (Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Republik Demokratik Rakyat Laos, Republik Persatuan Myanmar), perwakilan Sekretariat ASEAN, anggota WG 2 serta dipimpin oleh Chair Bussaba Sae-Lim dari Thailand dan didampingi oleh Co-Chair Mr. Quoc Dung Tran dari Vietnam. Selama 3 hari, sidang ini membahas beberapa agenda, diantaranya tindak lanjut permasalahan cross-cutting antara JSC EEE dengan WG 2, implementasi strategi penilaian kesesuaian dan infrastruktur teknis yang relevan untuk mendukung Asean Economic Community (AEC) 2025, update sistem akreditasi dan penilaian kesesuaian dalam keanggotaan serta promosi pengakuan, keberterimaan sertifikat dan laporan uji yang terakreditasi oleh otoritas regulasi nasional, update kemajuan akreditasi dan penilaian kesesuaian yang telah dibuat di level sektoral, kerja sama dengan lembaga-lembaga di ASEAN dalam bidang kegiatan penilaian kesesuaian, kerja sama dengan ISO dalam bantuan teknis dan proyek capacity building, serta perkembangan terkini dari asosiasi regional/internasional badan akreditasi penilaian kesesuaian. (humas/dit.Sishar)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat