Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan USDA Menjajaki Kerjasama Peningkatan Kapasitas SDM di Bidang Pertanian

  • Kamis, 12 September 2019
  • Humas BSN
  • 358 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya menerima kunjungan kerja Program Development Advisor United States Department of Agriculture (USDA), Clement Gehlhar, pada Kamis (12/9/2019) di Kantor BSN, Jakarta. Kunjungan USDA dilakukan dalam rangka menjajaki potensi kerja sama antar kedua lembaga. Salah satu inisiatif kerja sama yang disampaikan Gehlhar adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang pertanian.

Gehlhar juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat Cochran Fellowship Program yaitu program pelatihan dari USDA bagi para professional di bidang agrikultur yang berasal dari negara-negara berkembang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BSN, Bambang Prasetya menyampaikan beberapa usulan program kerja sama yaitu pelatihan terkait penelitian komposisi referensi material berkenaan dengan kedelai, pala, rempah-rempah, serta DNA daging babi.

Pertemuan juga membahas kebutuhan peningkatan kapasitas SDM terkait SNI ISO/IEC 17034 Penilaian kesesuaian - Persyaratan umum uji profisiensi, serta inter komparasi laboratorium pengujian. Saat ini sejumlah 200 laboratorium di bawah Kementerian Pertanian RI telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Turut hadir dalam pertemuan, Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Nasrudin Irawan; Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Hastori; serta Direktur Akreditasi Laboratorium BSN, Fajarina Budiantari. (PjA – Humas BSN).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat