Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peran Penting Laboratorium Pengujian Mendukung Komoditas Unggulan Sumatera Selatan

  • Jumat, 23 Agustus 2019
  • KLT Palembang
  • 672 kali

Keberadaan laboratorium pengujian berperan penting dalam mendukung hilirisasi komoditas unggulan Sumsel yang beberapa masuk sebagai 5 besar nasional penghasil devisa seperti Karet, Kopi, Sawit, Olahan Ikan, Pangan Olahan dan tekstil.

Saat ini di Sumsel sendiri terdapat 19 Laboratorium Pengujian terakreditasi KAN dengan ruang lingkup yang terkait diantaranya pengujian tanah, pupuk, karet, kopi bubuk, air minum, air limbah, tanaman bibit karet dan sawit serta olahan ikan.

 

Salah satu parameter pengujian yang umum dipersyaratkan dalam standar (SNI) dan regulasi adalah kandungan logam atau mineral. Instrumen pengujian di laboratorium biasanya menggunakan (Atomic Absorption Spectrophotometer) atau Spektrofotometri Serapan Atom yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengoperasian, pemanfaatan hasil pengujian, pemeliharaan baik fisik maupun ketertelusuran pengukurannya.

BSN melalui Kantor Layanan Teknis wilayah Palembang bekerja sama dengan Masyarakat Standardisasi Indonesia Wilayah Sumsel menyelenggarakan pelatihan 3 (tiga) hari (20-22/08/2019) tentang Ketertelusuran Pengukuran Instrumen Pengujian Kimia bertempat di UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan.

Pelatihan 1 (satu) hari teori dan 2 (dua) hari praktik diikuti oleh 26 orang peserta dari 19 laboratorium pengujian dari Kabupaten/Kota di Sumsel, Jambi dan Pekanbaru. Mendatangkan pembicara kunci, Donny Purnomo, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi, BSN yang menyampaikan materi tentang Ketertelusuran Metrologi, Ketidakpastian Pengukuran dan Kalibrasi.

 

Praktik pengoperasian AAS dan UV/Vis, pemanfaatan hasil pengujiannya, pemeliharaan baik fisik maupun ketertelusuran metrologinya dipandu oleh Kemas Ahmad Sukri dan Syukron Lillah dari UPTD Lab. Lingkungan Sumsel.

Pelatihan ini juga terselenggara atas dukungan atau sponsor dari PT Dira Sonita, distributor laboratory equipment, glassware and chemicals, CV Kurnia Scientific, calibration, service and parts, laboratory equipment and chemicals dan, LabMania, Komunitas Millenial Scientist untuk Laboratorium Indonesia yang lebih baik. (kltplg)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat