Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Melaju ke Tahap On Site Evaluation SNI Award 2019

  • Senin, 12 Agustus 2019
  • dedi dedi
  • 433 kali

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau selanjutnya disebut IPC (Indonesia Port Corporation) merupakan salah satu BUMN operator pelabuhan Indonesia yang pada tahun 2019 ini lolos ke tahap site evaluation SNI Award. Tahun ini merupakan kedua kalinya keikutsertaan IPC dalam SNI Award, setelah pada tahun sebelumnya berhasil meraih predikat Perak.

 

Site evaluation dilakukan oleh Tim Evaluator SNI Award pada Rabu, 7 Agustus 2019 di Kantor Pusat IPC Jl. Pasoso No.1 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tim dipimpin oleh Muti Sophira Hilman selaku Lead Evaluator, dan Ellia Kristiningrum selaku anggota. Penilaian site evaluation ini untuk memastikan kembali jawaban atas Kuesioner Kriteria Penilaian SNI Award 2019 yang telah di submit IPC pada saat tahap pendaftaran SNI Award.

  

Secara spesifik sebagai pelabuhan internasional, IPC terikat kepada beberapa aturan internasional terkait pengoperasian pelabuhan seperti misalnya penerapan ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code). Untuk memperkuat prosedur pengoperasian pelabuhan itulah, sejak tahun 2017 IPC telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi PT. Sucofindo yang terakreditasi oleh KAN dan IAF.

 

 

 

Penerapan standar SNI ISO 9001:2015 dipaparkan IPC sangat berperan dalam tercapainya target kinerja operasional IPC, karena implementasi SNI ISO 9001:2015 membuat segenap insan IPC bekerja sesuai dengan standar Sistem Manajemen Mutu yang telah ditetapkan oleh perusahaan.  Tidak hanya itu, pada tahun 2018 dalam bidang standar kesehatan dan keselamatan kerja, IPC kantor pusat telah memperoleh sertifikasi SMK3 berdasarkan ketentuan PP No 50 Tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Dan pada tahun 2019 ini dalam bidang sistem manajemen lingkungan IPC kantor pusat sedang membangun sistem ISO 14001:2015.

 

Dengan ikut berkompetisi dalam SNI Award, IPC semakin memantapkan diri dalam penerapan standardisasi. Dengan masukan yang didapatkan dari SNI Award, diharapkan IPC semakin memiliki kapasitas yang baik dalam hal pengelolaan pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan serta berkontribusi secara aktif dalam pengurangan biaya logistik dan fasilitasi kegiatan ekspor-impor Indonesia. (Dit. PPSPK)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat