Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Riau Ajak Pelaku Usaha Terapkan SNI

  • Jumat, 26 Juli 2019
  • Humas BSN
  • 120 kali

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Provinsi Riau sebagai lembaga pemerintah non kementerian terus menyosialisasikan pentingnya produk-produk menggunakan SNI, Jumat (26/7/2019).

Hal ini seperti diungkapkan Penanggung Jawab KLT BSN Riau Romi Perdana Putra bersama timnya saat mengunjungi IKM Madani dan Iin Home Industry di Jalan Kopi. Kegiatan ini sekaligus untuk membantu pelaku usaha dalam proses pengurusan SNI.

’’Bagaimana nanti proses-prosesnya mulai dari perizinan tadi. Mau tidak mau pasti kami bantu. Kami juga akan koordinasi langsung dengan instansi terkait,’’ ucapnya.

Sebagaimana dijelaskannya, dengan produk memiliki SNI. Maka, pelaku usaha dapat menjaga kualitas, mutu produknya. ’’Serta membuat produk itu aman dan layak dikonsumsi ataupun aman digunakan oleh masyarakat,’’ jelasnya.

Jadi produk SNI, tidak hanya soal ruangan bagus, produksi yang higienis saja. Akan tetapi, melalui tahapan-tahapan, diantaranya pengujian di laboratorium. ’’Ini menjadi nilai tambah bagi pelaku usaha untuk menaikan dari industri kecil menengah menjadi industri kecil milyaran,’’ sambungnya.

Menurut Romi, setidaknya sudah lebih dari dua puluh produk pangan dan non pangan di Provinsi Riau yang didata oleh KLT BSN Riau. Mulai dari alat peras santan, dodos (alat panen buah sawit), baju anak, sirup mangrove, ikan beki, rendang daging, bakso ikan, kripik nanas, tepung sagu, air kemasan dan lainnya.

’’Kami ingin menyadarkan pelaku usaha bawah SNI tidak hanya ada SNI wajib saja. Tapi ada SNI sukarela juga. Biar tidak ada paksaan, dilakukan secara sukarela. Biar perusahaan dan pelaku usaha dapat menyadari bahwa kini konsumen juga semakin cerdas,’’ jelasnya. 

Keuntungan lain produk milik UMKM memiliki tanda SNI. Kata Romi, pelaku usaha akan pede menjual produk-produknya di dalam negeri bahkan merambah mancanegara. ’’Nah, konsumen juga aman karena sudah teruji. Apabila pelaku usaha ingin bertanya mengenai SNI, bisa cek diwebsite kami www.bsn.go.id atau ke kantor kami di Jalan Hangtuah nomor 126,Rejosari, Tenayan Raya,’’ jelasnya.

Mirshal salah satu pelaku usaha IKM Madani mengapresiasi jemput bola yang dilakukan tim BSN Riau. Ia juga berharap kedepannya UMKM di Pekanbaru, apapun produksinya bisa memiliki SNI.

’’Tentunya kami berterimakasih atas kunjungan ini. Semoga kedepan untuk proses pengurusan itu bisa tidak terlalu memberatkan pelaku UMKM,’’ tutupnya.(*1)

 

Tautan:http://riaupos.co/204706-berita--bsn-riau-ajak-pelaku-usaha-terapkan-sni.html 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat