Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Menjadi Salah Satu Program Unggulan BSN, SNI Smart City Diperkenalkan di IISMEX 2019

  • Rabu, 17 Juli 2019
  • 1844 kali

Badan Standardiasi Nasional (BSN) terus mendukung pengembangan smart city di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menetapkankan SNI ISO 37120:2018 tentang kota dan masyarakat berkelanjutan – indikator untuk layanan kota dan kualitas hidup. SNI ISO 37120:2018 merupakan dasar dari pelaksanaan smart city. SNI tersebut berisi indikator, cara mengukur, dan kriteria apa saja yang ada di dalam smart city. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BSN, Bambang Prasetya pada Forum Menteri yang berlangsung dalam acara Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta pada Rabu (17/7/2019).

“Standardisasi itu intinya ada 2, yaitu mutu dan efisiensi. Mutu adalah kualitas pelayanan atau produk. Efisiensi adalah cost, pada pasar harga murah dan pelayanan yang efisien,” jelas Bambang di hadapan undangan bupati dan walikota dari seluruh Indonesia. “Standar itu sangat menghormati regulasi. Pada UU 23 Tahun 2014 yang diikuti setiap daerah, memuat jelas wajib pelayanan dasar apa, dan bagaimana itu dipotret menjadi kacamata smart city,” sambungnya.

Pengembangan SNI Smart City ini menjadi program unggulan BSN. Komite Teknis 13-11 sudah mengacu pada Technical Committee (TC) 268 di The International Organization for Standardization (ISO). Saat ini, Indonesia memiliki program pengembangan dan penerapan smart city, yaitu Gerakan menuju 100 Smart City yang merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Pada Forum Menteri pada IISMEX 2019, turut hadir sebagai pembicara, yaitu Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara; Plt.Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal M Piliang; Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti; dan Pemprov Jawa Timur, Wahid Wahyudi.

BSN turut berpartisipasi dalam pameran Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta pada 17-19 Juli 2019. Pameran yang dibuka oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla ini diikuti oleh berbagai sektor, antara lain dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah, hingga berbagai perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi. Dalam pameran tersebut, BSN memperkenalkan SNI terbaru yang terkait dengan Smart city, yaitu SNI ISO 37120:2018 dan memberikan layanan konsultasi SNI kepada pengunjung ingin mengetahui lebih jauh tentang SNI. (humas)