Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Siapkan Tim untuk Ikuti Olimpiade Standardisasi Internasional

  • Rabu, 03 Juli 2019
  • Humas BSN
  • 462 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) kini tengah menyiapkan tim untuk mengikuti The 14th International Standard Olympiad dengan tema "Create Your Dreams with Standards" yang akan diselenggarakan oleh Korean Standards Assosiation di The KSA Educational Development Institute, Korea Selatan pada 23-25 Juli 2019 mendatang.

Pelatihan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu bimbingan jarak jauh dan bimbingan langsung. Bimbingan yang pertama dilakukan melalui video call antara pemenang lomba Standardisasi 2019, yaitu SMAK St. Louis 1 Surabaya yang berada di sekolah mereka dengan BSN yang bekerjasama dengan Komunitas Kota Cerdas Indonesia yang berada di Kantor BSN, Jakarta, pada Rabu (3/7/2019). Pembimbing dari Komunitas Kota Cerdas dipimpin oleh Fanky Christian dan dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Kristiati Andriani.

Bimbingan kali ini membahas tentang pemanfaatan teknologi otomasi dengan menggunakan Arduino Uno dan Objectblocks. Pendalaman pemahaman logika pemrograman Arduino Uno dan pengenalan penggunaan robot arms menjadi fokus utama pada pertemuan kali ini.

Arduino Uno sendiri merupakan board yang dapat digunakan untuk membuat program untuk mengendalikan berbagai komponen elektronika, dan dengan menggunakan Objectblocks sebagai media untuk melakukan pemrograman.

Selain pemahaman tentang Arduino Uno, para siswa ini nantinya akan dibekali juga dengan pemahaman tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Diharapkan dengan keikutsertaan pelajar Indonesia dalam olimpiade internasional untuk yang ke enam kalinya ini, nantinya akan dapat mendorong generasi muda Indonesia untuk bisa turut serta berperan dalam pengembangan standar khususnya dibidang teknologi informasi.(Tyo)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat