Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sosialisasi Evaluasi Kinerja Komite Teknis Perumusan SNI 2019

  • Selasa, 02 Juli 2019
  • 2064 kali

Setiap tahun, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan evaluasi kinerja terhadap Komite Teknis (Komtek) dan Sub Komtek Perumus Standar Nasional Indonesia (SNI), untuk mengukur kinerja Komtek secara obyektif sebagai dasar pembinaan dalam peningkatan peran Komtek di masa datang. Kepada Komtek yang memiliki kinerja terbaik, BSN akan memberikan anugerah Herudi Technical Commitee Award (HTCA).

Sebagai langkah awal penyelenggaraan HTCA tahun 2019, BSN mengundang seluruh Sekretariat Komtek dan Sub Komtek untuk mengikuti Sosialisasi Evaluasi Kinerja Komite Teknis tahun 2019, yang bertempat di Gedung II BPPT, Jakarta, Selasa (2/7/2019). Kegiatan yang dihadiri oleh 146 orang wakil dari sekretariat Komtek dan Sub Komtek tersebut dibuka oleh Plh. Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Wahyu Purbowasito.

Dalam sambutannya, Wahyu menyampaikan, saat ini Indonesia tengah melakukan penjajakan harmonisasi standar dan keberterimaan di beberapa area baru, yaitu Smart City, Smart Manufacturing, Energy Efficiency dan Digital Trade di ASEAN, khususnya ACCSQ WG1. Untuk itu perlu dukungan dari Komtek perumusan SNI untuk dapat menyelaraskan SNI sesuai dengan kebutuhan nasional, regional dan Internasional.

Acara sosialisasi menghadirkan dua narasumber, pertama, Sekretaris Komtek 65-05 Produk Perikanan, dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Simson Masengi menyampaikan success story Komtek 65-05 yang berhasil menjadi pemenang HTCA selama 5 kali pada tahun 2008, 2015, 2016, 2017, dan 2018. Narasumber kedua, yaitu Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Elektroteknika, Energi, Transportasi, dan Teknologi Informasi (MEETTI), BSN, Y. Kristianto Widiwardono, selaku Koordinator Evaluasi Kinerja 2019 menyampaikan mengenai tata cara evaluasi kinerja Komtek Perumus SNI 2019. Acara dimoderatori oleh Kepala Subdirektorat Pengembangan Standar Transportasi dan Teknologi Informasi BSN, Mayastria Yekttiningtyas.

Pada sesi tanya jawab, peserta antusias bertanya kepada narasumber mengenai bagaimana pengelolaan Komtek yang ideal. Dapat disimpulkan kunci utama dari para pemenang HTCA adalah sebagai berikut:

1. Komitmen Regulasi dan Pimpinan
2. Komitmen Anggota Komite Teknis
3. Komitmen Sekretariat Komite. (PjA)

 

 

 




­