Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Turut Serta Memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia 2019

  • Senin, 01 Juli 2019
  • 2128 kali

Jakarta 30 Juni 2019 – Dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar acara World Food Safety Day 2019. diharapkan acara ini dapat menggaungkan kepedulian seluruh pihak terhadap keamanan pangan dan menginspirasi upaya peningkatan keamanan pangan nasional.

Turut serta dalam acara World Food Safety Day 2019, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 30 Juni 2019 di Car Free Day di jalan Jendral Sudirman tersebut dengan mengkampanyekan Penerapan SNI terkait Pangan dan Keamanan Pangan.  Hadir dalam acara ini Direktur Penguatan Penerapan Standard dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno, yang menyerukan “Pentingnya Penerapan SNI Sistem Manajemen Keamanan Pangan untuk perlindungan konsumen dan menjamin kelangsungan produksi para industri pangan dalam negeri.”

Acara yang bertema “Food Safety, Everyone’s Business” ini diawali dengan senam pagi bersama dan diikuti dengan pawai menyuarakan mengenai pentingnya keamanan pangan. Melalui poster-poster yang dibawa pada pawai ini, BSN menyuarakan dan mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya memilih produk pangan bertanda SNI yang akan dikonsumsi untuk menjamin keamanan dan kualitasnya. Di antara SNI produk pangan yang sudah dapat ditemui dipasaran adalah:  SNI Kopi bubuk SNI 01-3542-2004, SNI Bakso Ikan SNI 7266:2014, SNI Margarin SNI 3541:2014, dan masih banyak lagi, sementara untuk SNI Sistem Manajemen Keamanan Pangan adalah SNI ISO 22000:2009.


 

Pawai yang melibatkan lebih dari 120 orang dari berbagai universitas, komunitas, asosiasi pelaku usaha dan lembaga terkait termasuk BSN ini berakhir di depan FX sudirman tempat dari acara puncak World Food Safety Day 2019. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow bersama para pakar keamanan pangan antara lain Kepala BPOM Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, Pakar Gizi Prof. Hardinsyah, MS, Phd, Dr. Reisa Broto Asmoro, dan perwakilan dari FAO Indonesia. Rangkaian acara World Food Safety Day 2019 ditutup dengan penampilan dari Maliq & D’essentials. Antusiasme masyarakat akan pentingnya keamanan pangan-pun terlihat dalam setiap kegiatan di acara World Food Safety Day 2019, Karena keamanan pangan adalah tanggung jawab kita bersama. (Pja)

Link Video Ucapan Selamat Hari Keamanan Pangan Dunia Tahun 2019 : http://bit.ly/SelamatHariKeamananPanganDunia2019

 




­