Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

CALL FOR PAPER PPIS 2019 (DIPERPANJANG)

  • Rabu, 03 Juli 2019
  • Prasetyo Nugroho
  • 3847 kali

 

Forum Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) adalah salah satu sarana pendukung yang diperlukan BSN dalam merealisasikan visi dan misi BSN 2015-2019. PPIS Standardisasi merupakan sarana komunikasi dan wadah presentasi hasil penelitian bagi peneliti dan pemerhati standardisasi. Topik-topik bahasan dalam PPIS diharapkan memberikan kontribusi untuk mengembangkan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK). PPIS di Semarang pada tanggal 10 Oktober 2019, dengan fokus penelitian dan pengembangan SPK mendukung terwujudnya sistem standardisasi nasional untuk membuka akses produk nasional ke pasar global melalui pemanfaatan sistem informasi regulasi teknis berbasis SPK, tersedianya LPK mendukung perdaganagan global, tersedianya SNI bahan acuan bersertifikat (Certified Reference Material), pemanfaatan saling pengakuan regional dan internasional LPK, peningkatan pemahaman produsen komoditas unggulan nasional terhadap regulasi teknis berbasis SNI.

Untuk menjawab tantangan demi menunjang kemajuan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia, sangat diperlukan sinergi dai berbagai pihak antara lain industri, regulator, peneliti, akademisi dan masyarakat. Sebagai salah satu pihak yang harus bersinergi mamajukan bidang SPK Indonesia, Pusat Riset Pengembangan dan SDM (Pusrisbang SDM), Badan Standardisasi Nasional menyadari adanya kewajiban untuk ikut serta dalam mewujudkan cita-cita pengembangan SPK Indonesia.

Atas dasar tersebut, Risbang SDM akan menyelenggarakan kegiatan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi 2019 yang bertemakan “Role of Standardization to Build Smart Healthcare System” (tentatif) pada tanggal 11 Oktober 2019* di Patra Jasa Hotel, Semarang*

 

AGENDA PENTING

Batas Pengumpulan Full Paper : 20 September 2019

Hasil Akhir Penyaringan Makalah: 7 September 2019

Perbaikan Makalah: 7 September – 30 September 2019

Batas Akhir Pendaftaran Peserta Pendengar: 30 September 2019

Pelaksanaan PPI Standardisasi: 11 Oktober 2019

 

 

KETENTUAN PENULISAN MAKALAH
1. Makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah dipublikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah

 

2. Penulisan makalah perlu didasarkan pada penelitian/kajian yang didukung sekurang-kurangnya satu disiplin IPTEK yang dirinci pada ruang lingkup, serta hasil penelitian/kajian dan gagasannya dapat diarahkan pada minimal salah satu topik/sektor berikut:

  • Kebijakan standardisasi nasional
  • Pengembangan standar
  • Harmonisasi standar
  • Penerapan standar (akreditasi, sertifikasi, pengujian, metrologi, inspeksi teknis, pengawasan pra dan pasca pasar, dampak sosial ekonomi dll)
  • Pemasyarakatan standar
  • Regulasi teknis
  • Aspek lainnya yang terkait dengan standardisasi

 

  1. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia yang memuat tidak lebih dari 250 kata dan Bahasa Inggris yang memuat tidak lebih dari 200 kata. Bersifat mandiri (stand alone). Abstrak harus berisi permasalahan pokok, tujuan penelitian, metode penelitian, dan pernyataan singkat hasil serta manfaatnya.
  • Isi makalah penelitian terdiri dari:
  • Pendahuluan (latar belakang dan tujuan)
  • Tinjauan Pustaka
  • Metode Penelitian
  • Hasil dan Pembahasan (termasuk Ilustrasi: gambar, tabel, grafik, foto, diagram, dan lain-lain)
  • Kesimpulan
  • Ucapan Terima Kasih
  • Daftar Pustaka (paling sedikit 10 referensi).

 

  1. Makalah diketik 1 spasi pada kertas A4, tidak bolak-balik, menggunakan huruf Arial font 10, terdiri dari 5 - 10 halaman, dan tidak lebih dari 10.000 kata (tidak termasuk lampiran dan daftar pustaka). Makalah diketik dalam format 2 (dua) kolom. Satu kalimat terdiri dari 17 kata.

 

  1. Didukung minimal 10 daftar pustaka yang 80% referensinya mengacu pada terbitan 10 tahun terakhir dan 80% referensinya berasal dari sumber acuan primer.

 

  1. Lampiran digunakan sebagai data pendukung dalam penilaian dan tidak dicetak dalam majalah Jurnal Standardisasi.

 

  1. Pedoman penulisan daftar pustaka menurut kaidah APA (American PsychologicalAssociation).
  2. Template penulisan makalah dapat di unduh di sini.

 

  1. Naskah yang masuk akan disaring oleh Tim Seleksi dan editor yang dibentuk Panitia. Keputusan Tim Seleksi/Penyunting adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Tim editor berhak mengadakan perubahan pada naskah tanpa mengubah maksud dan isi naskah yang bersangkutan.

 

  1. Pendaftaran pemakalah dan peserta pendengar bisa dilihat di bit.ly/PendaftaranPPIS2019  atau melalui website ppis.bsn.go.id  Jika Bapak/Ibu kesulitan dalam mengupload makalah, Bapak/Ibu bisa mengirimkan makalah melalui email julihadiyanto43@gmail.com


  
11.Semua makalah yang diterima akan didiskusikan dan disampaikan dalam bentuk presentasi  oral atau poster.

 

  1. Naskah yang diterima dan dipresentasikan akan dimuat dalam “Prosiding PPIS 2019”. Penulis Utama wajib hadir pada waktu presentasi, sedangkan Penulis Kedua dan seterusnya dihimbau untuk hadir sebagai pendamping Penulis Utama.

 

  1. Makalah terpilih akan direkomendasikan untuk dipublikasikan dalam Jurnal Standardisasi dan Jurnal Instrumentasi

 

Penerbitan Makalah

Setiap makalah yang akan diterbitkan dapat diunduh melalui website ppis.bsn.go.id

 

Pedoman Penulisan Makalah PPIS 2019

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat