Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Listrik Aman, Schneider Tawarkan MCB SNI

  • Kamis, 03 Juli 2014
  • 9901 kali

Kliping Berita

Kamis, 3 Juli 2014 | 02:39 WIB


Banyaknya produk MCB (Mini Circuit Breaker) palsu di pasaran, yang notabebe fungsinya sangat lemah rentan memicu hubungan singkat arus listrik yang berujung pada kebakaran. Semakin pelik, bagi orang awam, MCB palsu ini sekilas hampir sama dengan produk asli. 

Hal ini ditanggapi serius oleh Retail Product Manager Schneider Electric Indonesia, Yola Riana Effendi. Wanita ini mengatakan, sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum memahami bahwa untuk bekerja dengan baik, ada tiga komponen penting yang terdapat dalam MCB, yakni Bimetal, Arc chute, dan Magnetic coil.

"Kesadaran tinggi dari masyarakat untuk memilih MCB yang berkualitas, yaitu yang memenuhi SNI seperti rangkaian prouk MCB dari Schneider Electric," ujar dia di Jakarta, Selasa (1/7).

Yola mengatakan, pihaknya selalu mengedukasi konsumen tentang produk yang baik, mudah didapat, dan dengan cara pemasangan yang mudah.

"Masyarakat masih hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi dengan kualitas yang buruk. Harga mahal seharusnya bukan menjadi masalah, sebab harga menentukan kualitas," tambah dia.

Menurut Marketing Manager Partner Retail Schneider, Hery Saputra, peralatan instalasi listrik yang palsu di rumah tidak akan berefek apa-apa. Instalasi listrik yang asli biasanya dapat mendeteksi jika ada hubungan singkat arus listrik di rumah. Sehingga memperkecil resiko kebakaran. 

"Karena kalau yang palsu, MCBnya itu tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Instalasi listrik yang palsu juga tidak tahan lama dan langsung rusak, beda dengan yang asli yang normalnya dapat bertahan hingga 20 tahun," ucap dia.

Sementara itu, lanjut Hery, tidak adanya perbedaan antara peralatan instalasi listrik yang asli dengan yang palsu membuat konsumen dituntut lebih aware. 

"Ciri utamanya memang sangat sulit dibedakan. Karena secara kasat mata memang ga ada bedanya. Tapi secara teknis tentu sangat jauh berbeda. Namun, agar tidak tertipu sebaiknya membeli di toko-toko resmi," tutup dia.

Lebih lanjut Hery menyebut, MCB ini juga berfungsi untuk mendeteksi hubungan singkat arus listrik dan petir. MCB dapat memberi tahu apakah instalasi listrik Anda dalam keadaaan normal atau bermasalah.

"Cara untuk mengetahui MCB ini masih berfungsi baik atau tidak adalah dari timbulnya dengungan. Jika berdengung, bisa jadi ada yang salah dengan peralatan MCB anda," tambah dia.

Herry menyarankan, untuk pemasangan MCB ini sebaiknya dipasang oleh instalator-instalator yang sudah berpengalaman dan terdidik. Kz

Sumber : SurabayaPagi.com, Kamis 3 Juli 2014.
Link : http://www.surabayapagi.com/index.php?read=Listrik-Aman,-Schneider-Tawarkan-MCB-SNI;3b1ca0a43b79bdfd9f9305b812982962c225eac93c85c5b9da2a90f21c25c650