Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Citra Perusahaan Melalui SNI Award

  • Senin, 18 Februari 2019
  • - -

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan penerapan SNI dari tahun ke tahun, terutama SNI yang diberlakukan secara sukarela. Untuk itu, sejak tahun 2005, pemerintah, melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN), memberikan penghargaan setinggi-tingginya berupa SNI Award kepada organisasi/ perusahaan yang telah konsisten menerapkan standar.

 

“BSN selalu bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk  melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha dan masyarakat agar SNI dapat diterapkan secara luas. Dan pada puncaknya, BSN akan memberikan SNI Award kepada organisasi/perusahaan yang sudah menerapkan standar minimal 3 tahun, dan telah menunjukkan kinerja tinggi,” ujar Deputi Bidang Penerpaan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah, saat Rapat Dewan Juri SNI Award tahun 2019 di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

 

Disamping menggunakan platform SNI ISO 9004:2009 tentang pengelolaan organisasi untuk sukses berkelanjutan, penganugerahan SNI Award sudah mempertimbangkan bagaimana sistem pemberian award di berbagai negara, misalnya berdasarkan malcolm baldrige, EFQM excellent model, dan lain sebagainya.

“Yang unik dari SNI Award ini, di setiap kriteria ada aspek SNI-nya. Misalnya dari aspek kepemimpinan, kita lihat komitmen pimpinan dalam menerapkan SNI,” terang Zakiyah.

salah satu bentuk continuous improvement dalam menyosialisasikan SNI Award adalah dengan meregenerasi beberapa anggota dewan juri. Tahun ini, 19 expert tergabung dalam Dewan Juri SNI Award. Diharapkan, dengan adanya regenerasi, penganugerahan SNI Award t