Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Kualitas Laboratorium, BSN/KAN Gelar FGD Asesor

  • Senin, 26 November 2018
  • - -

Salah satu indikator negara yang makmur adalah neraca perdagangan yang surplus. Hal ini hanya dapat diraih bila ada keberterimaan antar negara, yang berarti perdagangan harus memiliki daya saing. Daya saing tidak dapat dilepaskan dengan mutu. untuk tingkatan mutu laboratorium, BSN/KAN selenggarakan FGD Peningkatan Pemahaman Asesor Laboratorium Penguji terhadap Dokumen Teknis Biologi dan Kimia di Ruang Komisi Gedung BPPT, Rabu (21/11). FGD ini dihadiri oleh para asesor khususnya di bidang Kimia dan Biologi.

“Di balik mutu ada pengetesan. Di balik pengetesan ada laboratorium. Di balik laboratorium ada bapak ibu sekalian, para asesor,”ujar Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang juga selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Bambang Prasetya

Deputi Penerapan Standar dan Akreditasi BSN yang juga selaku Sekretaris Jenderal KAN, Kukuh S Achmad menyampaikan bahwa sebagai evaluasi, KAN Council menilai selama ini para asesor kurang lugas dalam memutuskan.

Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi KAN, Donny Purnomo memaparkan kebijakan KAN – Penerapan ISO/IEC 17011:2017 dan ISO IEC 17025:2017.

Foto bersama para asesor