Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mendukung Desa Tangguh Bencana, BSN Survey Ketahanan Desa berbasiskan SNI

  • Kamis, 15 Agustus 2019
  • Humas BSN

Ekspedisi Destana Tsunami 2019 dilaksanakan sejak 12 Juli 2019 sampai 17 Agustus 2019. Dimulai dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hingga pemberhentian terakhir di Kabupaten Serang, Banten.

Saat ini, BSN telah menetapkan 17 SNI terkait kebencanaan. Semua sudah disosialisasikan kepada segenap aparat desa/kelurahan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, dan Banten melalui program Ekspedisi Destana Tsunami 2019

Selain menyosialisasikan SNI, relawan BSN yang tergabung dalam Tim Ekspedisi ini juga turut mendampingi para aparatur desa setempat dalam pengisian kuesioner Penilaian Ketahanan Desa (PKD).

Penilaian Ketahanan Desa (PKD) merupakan perangkat alat hitung ketangguhan desa melalui indikator-indikator dan komponen yang telah disusun berdasarkan SNI 8357 : 2017, tentang Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana

Hasil evaluasi Penilaian Ketahanan Desa (PKD) ini dapat mencerminkan tingkat ketangguhan masyarakat desa dan dapat dijadikan identifikasi awal penerapan SNI 8357:2017 di desa-desa rawan bencana Tsunami.