Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Jawa Barat Baru Punya 2 Pasar Rakyat Yang Penuhi SNI

  • Senin, 11 Februari 2019
  • - -
  • 230 kali

Kliping Berita
10 February 2019
19:04
by Amelia Hastuti 

KBRN, Lembang : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat terus melakukan pembinaan Pasar Rakyat, agar bisa memenuhi Standar Nasional Indonesia-SNI.

"Saat ini dari sekitar 380 an pasar rakyat di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat baru dua yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Arifin Soedjana, menjawab pertanyaan RRI di Lembang Kabupaten Bandung Barat, Sabtu( 09/02/2019).

Ditemui disela kegiatan Kunjungan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri  Kementrian Perdagangan di Pasar Panorama Lembang Kabupaten Bandung Barat, Arifin menjelaskan ,pasar yang sudah memenuhi standar SNI tersebut masing-masing ada  di Kota Cirebon dan Kota Depok.

Sesuai program Gubernur, Jabar Juara lahir batin kata Arifin,  dengan inovasi dan kolaborasi pemerintah Jawa Barat ingin agar sampai tahun 2023 minimal disetiap kabupaten/kota ada 1 pasar rakyat yang memenuhi Standar SNI.

"Itu yang didorong oleh kita kepasar-pasar milik pemerintah, tetapi juga banyak pasar rakyat yang milik swasta salah satunya ini (Pasar Panorama), juga dikelola oleh swasta walaupun milik pemerintah. Mereka secara swadaya mereka bisa mengusulkan untuk pengakuan SNI," ujarnya.

Untuk menentukan sebuah pasar bisa mendapatkan SNI kata Arifin, cukup banyak indikator yang harus dipenuhi oleh sebuah pasar, diantaranya masalah bangunan, layout, manajemen, koperasi pedagang, kebersihan termasuk pengelolaan parkir.

"Seperti pasar rakyat di Depok, mereka sudah memiliki pengelolaan sampah yang cukup baik, serta ada ruang ibu menyusui atau lactasi," terangnya.

Menyinggung kendala yang dihadapi pasar rakyat untuk mendapatkan SNI jelas Arifin diantaranya spek bangun tidak sesuai rencana seperti bangunan pasar yang dibangun untuk 100 pedagang ternyata menampung 150 pedagang, sehingga gangway menjadi tidak standar lagi.

"Untuk itu, Pemerintah daerah dan pengelola pasar harus bisa diedukasi untuk kemaslahatan pedagang," tandasnya.


Link : http://rri.co.id/post/berita/634342/ekonomi/jawa_barat_baru_punya_2_pasar_rakyat_yang_penuhi_sni.html

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat