Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Cegah Kebakaran, Warga Diminta Tak Pakai Kabel Instalasi Non SNI

  • Kamis, 10 Januari 2019
  • 1463 kali

RMOLJabar. Dinas Pemadam Kebakaran (Diskar) Kabupaten Bandung meminta warga di wilayahnya tidak memakai kabel instalasi yang belum berstandar SNI.

 

Kepala Diskar Kabupaten Bandung, Kawaludin menyebut, penggunaan kabel instalasi yang aman menjadi salah satu unsur dalam menekan bencana kebakaran.

 

"Jangan gunakan kabel yang tidak berlabel SNI. Jangan sampai tergiur produk (instalasi listrik) berharga murah namun dari segi keamanan tak terjamin," ujar Kawaludin, Rabu (9/1).

 

Menurut Kawaludin, selama 2018 di mana terjadi 313 kasus kebakaran. Salah satu pemicunya dari instalasi listrik rumah maupun pabrik yang terdeteksi kurang baik.

 

"Ya kalau dirinci dari total kasus itu sebesar 46,32% atau 145 kasus menimpa rumah tinggal penduduk, 11,18% (35 kasus) menimpa gudang, 4,79% (15 kasus) pabrik dan 37,69% (118 kasus) lain," papar Kawaludin.

 

Sebagai upaya penanganan bencana kebakaran ini lebih maksimal di Oktober lalu, kata dia, pihaknya menerima hibah 4 unit mobil damkar dari Jepang.

 

"Kehadiran canggih dari Japan Firefighter Association (JFA) ini, semoga semakin memaksimalkan kinerja jajaran kami dalam menangani tiap laporan," tandas Kawaludin. [gan]

 

Link: http://www.rmoljabar.com/read/2019/01/09/92315/Cegah-Kebakaran,-Warga-Diminta-Tak-Pakai-Kabel-Instalasi-Non-SNI-




­