Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sambut Revolusi Industri 4.0, ASN Dituntut Menjadi Agen Transformasi Penguatan SDM

  • Jumat, 30 November 2018
  • - -
  • 483 kali

Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.

 

Demikian disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi, saat menyampaikan pidato dalam upacara peringatan HUT KORPRI di Istora Senayan, Kamis (29/11). Perwakilan korpri dari setiap instansi pemerintah hadir dalam upacara ini, termasuk perwakilan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Tampak hadir dari BSN adalah Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni; Sekretaris Unit Nasional KORPRI BSN, Amir Muchtar; serta segenap staf BSN.

 

Jokowi pun berpendapat bahwa pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. “Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Jokowi

 

Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumberdaya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. “SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat,” tegasnya. Dalam kaitan ini, Ia pun meminta kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. “Dengan peran Aparatur Sipil Negara yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa,” tutupnya. (ald-Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat