Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

IEC GM 2018, Bagian 1 : Memanfaatkan Momentum IEC GM 2018 dengan menjalin kerjasama dalam rangka memperkuat NCB Indonesia.

  • Rabu, 24 Oktober 2018
  • Prasetyo Nugroho
  • 329 kali

Partisipasi aktif Komnas IEC Indonesia di IEC General Meeting 2018 di Busan, Korea Selatan kali ini menjadi perhatian tersendiri untuk dapat memanfaatkan momentum kegiatan tersebut. Badan Standardisasi Nasional telah diundang sebelumnya oleh Korea Testing Certification (KTC) dan Korea Conformity Laboratories (KCL) untuk melakukan kunjungan ke instansi mereka, kunjungan tersebut berdekatan dengan waktu dan lokasi pelaksanaan IEC GM tersebut.

Kunjungan BSN ke Lembaga sertifikasi dan Laboratorium Korea Selatan tersebut selain dalam rangka memenuhi undangannya sekaligus juga dalam rangka memperkuat National Conformity Board (NCB) di Indonesia dengan bertukar pikiran untuk mengembangkan dan melakukan kerjasama dengan mereka.

KTC memperkenalkan kepada BSN bahwa instansinya telah didedikasikan untuk meningkatkan keamanan dan kualitas produk listrik dan elektronik, dengan teknologi terkini yang terakumulasi sejauh ini dengan fasilitas canggih yang dilengkapi dengan kemampuan dan properti yang tinggi, didirikan sejak tahun 1970 sebagai Lembaga Penelitian Pengujian Profesional Resmi Nasional Korea.

Adapun KCL diperkenalkan sebagai Lembaga yang berkomitmen untuk menguji, inspeksi dan sertifikasi bahan bangunan, produk konsumen, produk energi dan lingkungan, menetapkan standar baru dalam keamanan konsumen dan membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar global.

Sebagai bentuk tindak lanjut kunjungan tersebut, BSN dan KTC menyepakati untuk memulai kerjasama dengan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) di sela-sela acara IEC GM di Bexco, Busan, Korea Selatan. Penandatanganan telah dilakukan oleh Prof.Dr. Ir. Bambang Prasetya selaku Kepala BSN dan Yoojong Song selaku Presiden KTC.

Perjanjian Kerjasama inipun diharapkan akan menjadi jalan pembuka untuk pengembangan NCB/CBTL di Indonesia sekaligus membuka pasar lebih besar di nasional dan internasional.(ks/fk).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat