Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perundingan Bilateral Indonesia EU CEPA (IEU CEPA) Bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian

  • Senin, 22 Oktober 2018
  • Prasetyo Nugroho
  • 487 kali

Proses perundingan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Uni Eropa dalam kerangka Free Trade Agreement (FTA), telah memasuki putaran ke 6 yang kali ini berlangsung tanggal 15-19 Oktober 2018 di Palembang. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Puji Winarni (Sekretaris Utama, BSN) didampingi oleh perwakilan dari unit internal BSN, Kementerian Perindustrian, KOMINFO, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perdagangan. Pihak EU dipimpin oleh Beatriz Menendez Aller dari DG Trade EU dan didampingi oleh perwakilan dari DG GROW.

Perundingan kali ini memfokuskan diri pada penyelesaian negosiasi teks Chapter TBT terutama artikel-artikel yang masih belum tercapai kesepakatan seperti regulasi teknis, penilaian kesesuaian, transparansi serta penandaan dan pelabelan. Kedua belah pihak berusaha untuk saling memahami regulasi dan sistem yang berlaku di masing masing pihak sebagai upaya untuk menjembatani perbedaan sehingga dapat tercapai tujuan bersama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Sebagai tindak lanjut dari hasil putaran keenam, Pihak EU dan Indonesia perlu melakukan koordinasi internal dengan Kementerian/lembaga terkait untuk hal hal yang belum dapat disepakati. (PKS BSN)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat