Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan UZSTANDARD Sepakat Memperbarui Kerja Sama

  • Rabu, 26 September 2018
  • - -
  • 555 kali

Di sela-sela rangkaian Sidang ke-41 ISO General Assembly di Jenewa, Swiss, Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan pertemuan bilateral dengan UZSTANDARD (Uzbekistan) pada Selasa (25/9/2018). Pertemuan dihadiri oleh Kepala BSN Bambang Prasetya didampingi Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN I Nyoman Supriyatna. Pihak UZSTANDARD diwakili oleh Director General UZSTANDARD, Mr. Sattarov Dilshod Nematovich didampingi Head of Legal Expertise and International Relations Department, Mr. Orifboev Abdulla.

 

Kedua institusi sepakat untuk memperbarui kerja sama di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Sebelumnya, Memorandum of Understanding (MoU) pada tahun 2011 dan telah berakhir pada tahun 2017. Dalam MoU baru nantinya akan memasukkan pasal mengenai halal. Adapun MoU baru ini dharapkan dapat ditandatangani pada awal Februari 2019, setelah substansi dan konsultasi dengan legal advisory selesai dilakukan oleh kedua pihak. Setelah MoU ditandatangani, segera akan menyusul technical cooperation yang disepakati untuk mengimplementasikan MoU.

Indonesia dan Uzbekistan memiliki harapan yang tinggi terhadap kerjasama ini. Indonesia sendiri berharap dapat mengatasi isu standardisasi dan penilaian kesesuaian yang menjadi hambatan teknis dalam perdagangan. Dengan demikian akan mempermudah produk Indonesia memperoleh pangsa pasar di Uzbekistan. 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat