Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kerja Kita, Prestasi Bangsa

  • Jumat, 17 Agustus 2018
  • - -
  • 1287 kali

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) menjadi momen penting untuk meningkatkan jiwa nasionalisme serta meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Peringatan HUT RI juga menjadi refleksi perjalanan bangsa, serta kontemplasi sejauh mana cita-cita para pendiri bangsa (founding fathers) “mewujudkan bangsa merdeka, bersatu, berdaulat,adil dan makmur” telah tercapai.

 

Peringatan HUT RI Ke-73 mengangkat tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Dalam pidato Menteri Negara Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Prof. Ainun Na'im, Ph.D. M.B.A selaku inspektur upacara Peringatan HUT RI Ke-73 di Lapangan Puspiptek, Serpong, Jum'at (17/08/2018) mengajak kepada institusi iptek untuk terus meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, "sehingga iptek dan inovasi memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab permasalahan bangsa" ujarnya.

 

"Menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation". Tambahnya.

 

Na'im juga mengajak, "Dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita terus bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Prestasi cemerlang pemuda-pemudi Indonesia di berbagai ajang kompetisi internasional di berbagai bidang. Seperti pada bulan Juli 2018, putra terbaik kita mampu meraih emas pada lari 100 meter Kejuaraan Dunia U-20. Tim U-16 kita mampu mencapai juara pertama piala AFF U-16. Di bidang sains, gagasan mahasiswa kita yaitu mobil sampah plastik menjadi juara di ajang inovasi teknologi Shell Ideas 360, inovasi mahasiswa kita menjadi juara dunia pada ajang adu cepat mobil hemat energi Drivers’ World Championship, dan masih banyak karya inovasi lainnya". Ujarnya.

 

Pada kesempatan ini, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Ainun juga menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya sebagai penghargaan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun. Salah satu PNS yang disematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya adalah Kepala Inspektorat - Badan Standardisasi Nasional (BSN), Heru Suseno, yang telah mengabdi kepada negara selama 20 tahun.

 

Upacara peringatan HUT RI Ke-73 ini diikuti oleh Kepala BSN Bambang Prasetya, serta Kepala Lembaga dibawah koordinasi Kemenristekdikti yaitu BPPT, BATAN, LIPI, BPPT, BSN, BAPETEN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), beserta pejabat eselon I-IV Lembaga di bawah naungan Kemenristekdikti. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. KERJA KITA, PRESTASI BANGSA". (Awg-Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat