Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PLN Bantu Industri Gula Semut Aren

  • Jumat, 03 Agustus 2018
  • 2369 kali

MAKASSAR, BKM — PLN Wilayah Sulselrabar mendukung program pembangunan home industry gula semut aren. Dukungan yang diberikan dalam bentuk bantuan bina lingkungan. Penyaluran bantuan ini atas kerjasama Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) dan Halal Center Universitas Hasanuddin.

 

Kerjasama tersebut terwujud dalam pelatihan pembuatan gula semut aren berbasis SNI (Standard Nasional Indonesia) bagi Kelompok Tani Hutan Sipakainge serta pengadaan alat untuk mengolah gula aren di Dusun Mare-mare, Desa Jangan-jangan, Kabupaten Barru.

 

Kelompok Tani Sipakainge terdiri dari 55 orang anggota dengan luas area 50 hektare yang telah mendapat izin untuk dikelola. Program bina lingkungan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas produk petani gula semut aren setempat. Sehingga dapat bersaing ditingkat nasional maupun internasional yang bermuara pada peningkatan omzet.

 

DM Hukum dan Humas PLN Wilayah Sulselrabar, Rosita Zulkarnaen, menyampaikan program bina lingkungan ini adalah hasil kerjasama antara PLN dengan lembaga terkait untuk memberikan pelatihan penggunaan teknologi pengolahan gula semut aren yang tepat guna.

 

”Kami mengadakan pelatihan ini agar kelompok tani dapat menggunakan teknologi yang diberikan secara tepat guna yang nantinya akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata Rosita.

 

Direktur TLKM, Muh Ichwan, menuturkan, potensi hutan harus dimanfaatkan secara maksimal. Karena IUPHKM (Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan) sudah didapatkan selama 35 tahun.

 

”Kami bekerjasama dengan PLN ingin mendampingi kelompok tani agar dapat menghasilkan gula aren semut berstandar SNI,” ujar Ichwan. (mir)

 

Link: http://beritakotamakassar.fajar.co.id/berita/2018/08/03/pln-bantu-industri-gula-semut-aren/

 

Berita serupa:

 

http://ekonomi.djournalist.com/read/2018/08/02/1964/pln-sulselrabar-tlkm-bina-home-industry-gula-semut-aren-di-barru

http://sulawesi.bisnis.com/read/20180801/540/823135/perajin-gula-semut-aren-sulsel-dilatih-penuhi-sni

https://makassar.antaranews.com/berita/102240/pln-tklm-latih-koptan-membuat-gula-aren-berstandar