Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Meriahkan Asian Games, Pempek SNI Siap Pecahkan MURI

  • Rabu, 25 Juli 2018
  • 2081 kali

Kliping Berita

DIPOSTING OLEH : MAYA TANGGAL : 24 JULI 2018 21:03 DIBACA: 190 PEMBACA

Bambang Prasetya, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar usai rapat pecahkan MURI di Griya Agung, Selasa (24/07).


Palembang, Detik Sumsel - Memeriahkan pelaksanaan Asian Game yang dimulai 18 Agustus 2018 mendatang, Badan Standarisasi Nasional (BSN), akan melaksanakan Pemecahan Rekor MURI dengan menyajikan Pempek ber-SNI terbanyak bejumlah 18.818 pempek. Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus di Benteng Kuto Besak, dengan target 1000 orang.

“Pemecahan rekor MURI makan pempek terbanyak ini, bukan single event, tapi sebagai awal perjuangan agar pempek menjadi produk global,” ujar Bambang Prasetya, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) saat audiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Nasrun Umar di Griya Agung, Selasa (24/07).

Sementara itu, Haryanto dari Kantor Layanan Teknis BSN Wilayah Palembang mengatakan, pempek diharapkan dapat mengikuti jejak tempe, yang saat ini menjadi produk global karena standarnya sudah mengacu standar pangan dunia, yaitu Codex STAN 313R-2013.

Codex STAN yang diterbitkan oleh Badan Standar Pangan Dunia, yakni Codex yang dibentuk oleh FAO dan WHO. Standar Dunia Tempe ini diperjuangkan oleh Indonesia melalui BSN yang diadopsi dari SNI 3144 tentang Tempe Kedelai.

“Saat ini tempe jadi produk global, pabriknya ada di Amerika, Jerman, Belanda dan yang terbesar di Jepang yang mampu memproduksi 16 ribu kemasan tempe sehari, yang punya orang Indonesia, Rustono dari Grobogan," katanya.

Ia menambahkan, untuk kegiatan ini, BSN sudah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota untuk kegiatan Pemecahan Rekor MURI Pempek ber-SNI ini," lanjut Haryanto.

“Pempek ber-SNI ini akan dibuat oleh tiga UMKM binaan BSN yang sudah mendapatkan SNI, diantaranya Pempek Rizky, Pempek Honey, dan Pempak Tince, serta akan melibatkan teman-teman UMKM Pempek yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Pempek (ASPPEK) Palembang. Diharapkan ini dapat menjadi motivasi bagi UMKM pempek lainnya yang jumlahnya lebih dari 4000 untuk menerapkan SNI," katanya.

Sedangkan, Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumsel beserta perangkat daerah terkait siap menyukseskan inisiasi BSN untuk pemecahan Rekor MURI Pempek ber-SNI ini. "Jika perlu kita adakan rapat khusus, saya yang pimpin,” jelas Nasrun Umar.

Ia menambahkan, Asian Games 2018 menjadi momentum yang sangat tepat untuk mengenalkan pempek ke komunitas global, karena Palembang akan menjadi tuan rumah 13 dari 40 cabang olah raga, diperkirakan lebih dari 5000 wisatawan asing yang merupakan ofisial, pendukung, dan wartawan asing dari 45 negara akan hadir jelang dan selama pergelaran Asian Games. (May)

 

Sumber : detiksumsel.com, Rabu 25 Juli 2018.

Link: http://detiksumsel.com/meriahkan-asian-games-pempek-sni-siap-pecahkan-muri