Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

REKOR MURI: PENYAJIAN BAKSO IKAN BER-SNI TERBANYAK! (18.818 Porsi) GRATIS!

  • Minggu, 05 Agustus 2018
  • David Nicko
  • 780 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menginisiasi kegiatan Pemecahan Rekor MURI Penyajian Bakso Ikan Ber-SNI Terbanyak, yaitu sejumlah 18.818 porsi. Kegiatan ini akan dilaksanakan berangkaian dengan GWR Poco-Poco pada tanggal 5 Agustus 2018, bertempat di Area Parkir Gedung BPPT, Jl. MH Thamrin No. 8 Jakarta Pusat, 

 

LATAR BELAKANG

Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik dalam perekonomian nasional dan ketenagakerjaan tidak diragukan lagi. Hal ini perlu diiringi dengan upaya peningkatan daya saing UMKM secara strategis, komprehensif, dan berkesinambungan.  Badan Standardisasi Nasional (BSN) berkolaborasi dengan stakeholder (pemangku kepentingan) telah mengembangkan Program Fasilitasi Penerapan Standar melalui Pembangunan Role Model UMKM di seluruh wilayah Indonesia, dengan tujuan menciptakan kesadaran dan pemahaman UMKM terhadap Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam memanfaatkan sumber daya secara efisien, mengendalikan produksi dan produk, menjaga konsistensi mutu dan keamanan produk dan jaminan mutu, serta memenuhi persyaratan konsumen dan aturan lainnya. Selain itu diharapkan Role Model ini juga mampu memberi contoh kepada lainnya dan menjadi daya gerak signifikan UMKM yang berdaya saing secara nasional dan global. Tak kalah pentingnya, kita juga perlu mempromosikan dan menggunakan produk UMKM.

 

Seiring dengan momentum ASIAN GAMES 2018, BSN berinisiasi untuk mempromosikan produk olahan ikan yaitu Bakso Ikan ber-SNI melalui kegiatan Pemecahan Rekor Muri Penyajian Bakso Ikan Terbanyak sejumlah 18.818 porsi. Rekor Muri sebelumnya tercatat tanggal 1 Maret 2014 dengan penyajian bakso sebanyak 16.074 porsi. Hal yang menarik dari acara pemecahan rekor muri tahun ini adalah bersamaan dengan pemecahan rekor senam poco-poco massal yang diikuti sebanyak 65.000 peserta yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2018, sehingga setelah peserta mengikuti senam poco-poco beserta para pengunjung car free day, dapat menikmati hidangan bakso ikan ber-SNI.

 

Alasan pemilihan bakso ikan ber-SNI antara lain menggalakkan konsumsi produk perikanan dengan sumber protein tinggi. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan yang terus berupaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan dengan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membantu mengatasi masalah nasional yaitu “stunting” (pertumbuhan kekerdilan pada anak-anak karena kekurangan asupan protein).

 

Penyelenggaraan Pemecahan Rekor Muri Penyajian Bakso Ikan ber-SNI diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bahwa mengkonsumsi produk berstandar memberi manfaat banyak kepada masyarakat, tidak saja memperoleh produk bermutu dan aman, tapi juga mencerminkan kontribusi masyarakat dalam menjaga sumber daya alam dan lingkungan secara efisien. Tentu saja kegiatan ini juga mem-branding SNI ditingkat nasional serta mempromosikan pelaku UMKM yang mampu memenuhi persyaratan SNI dan persyaratan pasar.

 

TUJUAN
1. Mempromosikan produk ber-SNI khususnya bakso ikan ber-SNI sebagai makanan yang sehat, aman dan terjamin mutunya
2. Membangun kesadaran masyarakat untuk memilih produk pangan yang ber-SNI sebagai produk yang sehat dan aman
3. Mempromosikan role model UMKM penerap SNI untuk ditularkan kepada UMKM lainnya, sebagai salah satu cara berusaha yang tumbuh dan berdaya saing secara berkelanjutan dengan memperhatikan standar acuan.

 

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

Hari/tanggal : Minggu, 5 Agustus 2018
Tempat : Badan Standardisasi Nasional, Area Parkir Gedung BPPT, Jakarta

Peserta terbuka untuk umum dan gratis.

 

 

KERJASAMA

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama BSN dengan berbagai pihak, antara lain:

  1.  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
  2.  PT. Kelola Mina Laut (KML) 
  3.  PT. Tiga Pilar Sejahtera (TPS)
  4.  PT. Sakana Indoprima
  5.  Museum Rekor Indonesia (MURI)

 

 

HUBUNGI KAMI

Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi
Badan Standardisasi Nasional (BSN)
National Standardization Agency of Indonesia

Gedung 1 BPPT, Lantai 11, Jl. M. H. Thamrin No.8 Kebon Sirih, Jakarta Pusat 10340

Email | pusdikmas@bsn.go.id

Phone | +62 21 3927422 | 3927433 Ext. 164 / 165
Fax | +62 21 3927527 | 3927528

Facebook | www.facebook.com/BadanStandardisasiNasional

Twitter | www.twitter.com/bsn_sni

You Tube | www.youtube.com/snibsn

Instagram | www.instagram.com/bsn_sni

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat