Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Program Pasar Rakyat School, Sinar Mas Land Paparkan SOP Pasar Rakyat di Jambi

  • Selasa, 26 Juni 2018
  • - -
  • 353 kali

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sinar Mas Land melalui program Pasar Rakyat School bersama Kementrian Perdagangan diundang untuk memberikan pemaparan mengenai pengelolaan pasar (SOP) pada kegiatan FGD SNI Pasar dan SOP Pasar Rakyat yang diselenggarakan di Luminor Hotel, Kota Jambi, Senin (25/6).

Kegiatan ini merupakan ketiga kalinya setelah sebelumnya berhasil menyelenggarakan kegiatan yang sama di kota Lampung dan Banda Aceh.
Hadir sebagai pembicara, Sustainability Development Officer Sinar Mas Land, Ilham Wahyudi, Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Sihard Hadjopan Pohan, dan Kasubdit Perumusan dan Penerapan Standar Drs. Darsen Lumban Gaol MM, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs Ariansyah,ME.

"Sinar Mas Land menyelenggarakan Program Pasar Rakyat School sejak tahun 2016 dan ini merupakan salah satu program sosial Sinar Mas Land dalam meningkatkan kualitas pasar non fisik,"  ujar Ilham Wahyudi, Sustainability Development Officer Sinar Mas Land.

"Pasar modern BSD city dijadikan percontohan dan SOP pasar rakyat untuk 5000 pasar di Indonesia, diantaranya melihat dari SOP, bentuk dan model pasarnya sehingga ada pasar rakyat ada tipe A, B dan C," tambah Ilham.

Dikatakannya, pemaparan ini untuk membentuk suatu interaksi pasar agar didalamnya kebih baik dan pembeli lebih nyaman berbelanja sehingga dapat meningkatkan ekonomi kecil. Dengan kegiatan ini Sinar Mas Land ingin pelaku UMKM lebih maju seperti pasar modern BSD City yang saat ini menjadi percontohan nasional.

Mengenai pemenuhan SOP, Ilham menjelaskan pasar itu memiliki petugas kebersihan, pengendali hama, hingga security yang menjaga keamanan disekitar pasar agar pedagang dan pembeli sama sama nyaman bertransaksi. Dengan adanya petugas juga dapat mendisiplin pedagang yang berjualan. Hal ini berguna untuk meningkatkan omset pedagang.

Sumber : Tribun Jambi Online, 25 Juni 2018

"Dan juga ada prototype, penempatan antara pedagang sayuran dan daging dipisah tempatnya," tuturnya.

Tidak hanya bimbingan tentang pengelolaan pasar, pertemuan ini juga membahas mengenai FGD dan SNI pasar.



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat