Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sekjen KAN Terpilih Kembali Menjadi Anggota BoM APLAC

  • Selasa, 26 Juni 2018
  • - -
  • 631 kali

 

Setelah menyelesaikan tugas sebagai anggota Board of Management (BoM) Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation (APLAC) untuk periode 2016 – 2018, Kukuh S. Achmad, Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (Sekjen KAN) terpilih kembali menjadi anggota BoM APLAC untuk periode 2018 – 2020. Kukuh terpilih dalam APLAC General Assembly ke-24 yang diadakan di Kyoto International Convention Center, Kyoto, Jepang pada 8 Juni 2018. Kukuh terpilih kembali menjadi salah satu anggota BoM APLAC diantara 7 anggota yang dipimpin oleh Ms. Jennifer Evans, APLAC Chair periode 2018 – 2020, yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) NATA Australia.

BoM merupakan bagian terpenting dari organisasi APLAC yang bertanggungjawab atas berjalannya organisasi tersebut, untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Tugas BoM diantaranya adalah menyiapkan draft kebijakan yang akan dikeluarkan oleh APLAC, mengelola sumberdaya keuangan dan sumberdaya yang lain, mengoordinasikan semua komite di APLAC, mempromosikan keberterimaan perjanjian saling pengakuan ke stakeholder, dan lain-lain.

 

Seiring dengan telah disetujui penggabungan dua organisasi kerjasama badan akreditasi di kawasan Asia Pasifik, yaitu APLAC yang menangani akreditasi laboratorium dan lembaga inspeksi dan Pacific Accreditation Cooperation (PAC) yang menangani akreditasi lembaga sertifikasi menjadi Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) yang akan efektif mulai 1 Januari 2019. Menurut ketentuan peralihan konstitusi baru APAC, maka anggota BoM APLAC dan anggota Executive Committee PAC secara otomatis akan menjadi anggota Executive Committee APAC untuk periode 2 tahun pertama beroperasinya organisasi baru tersebut.

Dengan kembali terpilihnya Kukuh menjadi anggota BoM APLAC yang kedepannya menjadi anggota Executice Committee APAC, diharapkan dapat meningkatkan posisi KAN di APAC, terutama dalam penyusunan rencana strategis, kebijakan dan program pada tahap-tahap awal beroperasinya organisasi APAC.(ksa)

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat