Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pengusaha Tapioka Ingin Singkong Indonesia Lebihi Thailand

  • Selasa, 22 Mei 2018
  • Haryanto Hary
  • 260 kali

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Perwakilan Perkumpulan Pengusaha Tepung Tapioka Lampung, Edi Ling mengatakan saat ini produktivitas singkong Indonesia masih dibawah Thailand. Dimana, Indonesia memiliki lahan sekitar 1,1 juta hektare dengan produktivitas mencapai 24 juta ton per tahunnya dan 30 persennya disumbangkan dari Lampung.

"Lahan ubi kayu di Lampung ada 300 ribu hektare dengan hasil 7,5 juta ton singkong per tahun. Itu memberikan sekitar 30 persen se-nasional, tetapi, bibitnya sudah tua. Disini bedanya dengan Thailand yang memiliki lahan hampir sama dengan Indonesia, tetapi hasilnya lebih besar, karena mereka tiap lima tahun ganti bibit," kata Edi.

Ada dua harapan yang dimintanya dari pemerintah pusat, yaitu pemindahan pusat penelitian pengembangan (Puslitbang) singkong dari Kota Malang ke Lampung dan pemberian standar nasional Indonesia (SNI) agar adanya penekanan terhadap kualitas antara komoditas Indonesia dengan produk impor.

"Kami berharap ada penambahan SNI terhadap seluruh tapioka pabrikan, sehingga produk impor itu ada tekanannya dalam masalah kualitas. Kemudian Lampung ini penghasil terbesar singkong di Indonesia, tetapi kok Puslitbangnya malah ada di Malang. Seharusnya di Lampung dong," kata dia.

PENULIS
Effran Kurniawan

sumber: http://www.lampost.co/berita-pengusaha-tapioka-ingin-singkong-indonesia-lebihi-thailand.html (diakses pada Selasa, 22 Mei 2018)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat