Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Selenggarakan FGD ASEAN – Australia Digital Trade

  • Senin, 21 Mei 2018
  • 2858 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Standards Australia menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) ASEAN – Australia Digital Trade pada Selasa (15/5/2018) di Kantor BSN, Jakarta. FGD diikuti oleh pemangku kepentingan di bidang digital trade, baik instansi pemerintah, asosiasi pengusaha, akademisi, serta pelaku industri start up e-commerce. FGD ini merupakan tindak lanjut rencana pelaksanaan kerja sama ASEAN – Australia Digital Trade Standards Cooperation.

FGD kali ini menghadirkan narasumber Erica Ferguson, International Engagement Manager, Standards Australia; Lucy Chalmers, International Engagement Officer, Standards Australia; Azhar Hasyim, Direktur e-Business Kementerian Komunikasi dan Informatika; dan Kepala Pusat Kerjasama Standardisasi BSN Konny Sagala.

Sebagai informasi, dalam ASEAN-Australia Special Summit yang dilaksanakan di Sydney pada Maret 2018 lalu, Perdana Menteri Australia mengumumkan mengenai akan dilaksanakannya ASEAN – Australia Digital Trade Standards Cooperation. Kegiatan tersebut bertujuan memperkuat integrase ekonomi serta mendukung penggunaan perangkat digital dalam kerja sama perdagangan antara negara ASEAN dan Australia. Khususnya dalam pengembangan, perumusan dan penggunaan standar internasional.

Project proposal kegiatan ini sebelumnya juga telah disampaikan oleh perwakilan dari Standards Australia pada saat pertemuan ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality (ACCSQ) di Kamboja pada Desember 2017. Adapun sebagai langkah awal kegiatan, Standards Australia telah mengembangkan survey yang dimaksudkan untuk identifikasi awal penggunaan perangkat digital di kawasan ASEAN.(ria-humas)