Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PERUNDINGAN REGIONAL BIDANG STANDAR, REGULASI TEKNIS DAN PENILAIAN KESESUAIAN (STRACAP) DALAM KERANGKA KERJASAMA REGIONAL COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP (RCEP) MENUJU TERCAPAINYA KESEPAKATAN

  • Selasa, 15 Mei 2018
  • Prasetyo Nugroho
  • 525 kali

Rangkaian perundingan regional antara negara ASEAN dengan enam negara mitra (ASEAN Foreign Partners/AFP) dalam kerangka Regional Comprehensive Economic Partnership(RCEP) kembali dilanjutkan dalam upaya mencapai kesepakatan bersama dan menyelesaikan perundingan sebelum akhir tahun 2018. Perundingan ke-22 RCEP (TNC) kali ini berlangsung tanggal 28 April – 8 Mei 2018 di Singapura. Dalam arahannya, ketua TNC menyerukan agar seluruh Working Group (WG) dan Sub-Working Group (SWG) berusaha keras untuk membuat kemajuan dan menyelesaikan perundingan namun dengan tetap mempertahankan kualitas hasil perundingan. Dalam hal ini, seluruh tim perunding diharapkan dapat memberikan fleksibilitas yang lebih luas atas posisinya dan menemukan cara-cara baru yang kreatif dan inovatif guna menjembatani jurang yang ada.

Sebagai rangkaian dari kegiatan tersebut, dilakukan perundingan bidang Standar, Regulasi Teknis dan Penilaian Kesesuaian (STRACAP) ke-16 yang berlangsung tanggal 3-8 Mei 2018. Seluruh negara anggota RCEP (kecuali Myanmar), dan ASEAN Sekretariat hadir dalam sidang STRACAP kali ini.  Delegasi Indonesia diwakili oleh perwakilan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan.

Perundingan masih melanjutkan pembahasan elemen-elemen penting sebagaimana yang dimandatkan oleh TNC. Perundingan mengalami kemajuan sebagaimana ditunjukkan dengan fleksibilitas dan disepakatinya beberapa paragraf dalam bab STRACAP. Isu-isu yang dibahas dalam perundingan sebelumnya kembali dibahas dengan lebih intensif guna memahami sistem dan mekanisme yang berlaku di negara anggota RCEP. Isu lain seperti ruang lingkup, keterkaitan dengan WTO TBT Agreement, transparansi dll masih terus dibahas menuju kesepakatan bersama.

ASEAN dan AFP akan mengintensifkan perundingan karena bidang STRACAP menjadi salah satu bidang yang diharapkan dapat selesai tahun 2018 ini.  Putaran perundingan selanjutnya akan diselenggarakan pada bulan Juli 2018 mendatang di Thailand. (pks-bsn)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat