Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Kunjungi PUG PT Pertamina Lubricants

  • Senin, 23 April 2018
  • 4549 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya bersama media massa wilayah Gresik berkunjung ke Production Unit Gresik (PUG) milik PT Pertamina Lubricants yang beralamat di Jalan Harun Tohir Ds. Pulopancikan Gresik Jawa Timur Indonesia, Jumat (20/04/2018). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya BSN untuk mempromosikan industri penerap SNI yang memiliki cerita sukses sehingga bisa menjadi inspirasi bagi industri lain agar tergerak menerapkan SNI. Sebagaimana diketahui, PT. Pertamina Lubricants telah beberapa kali meraih SNI Award dan yang terakhir pada tahun 2017 mendapatkan penghargaan SNI Award Peringkat Platinum. SNI Award adalah penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia bagi industri/organisasi yang paling baik dan konsisten dalam menerapkan SNI.

 

 

Dalam kunjungannnya, Kepala BSN yang didampingi oleh Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni; Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Zakiyah; Kepala Bidang Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Nur Hidayati; serta Humas BSN, mengatakan, PT Pertamina Lubricants merupakan salah satu role model yang sudah konsisten menerapkan SNI, bahkan berkali-kali sudah meraih SNI Award. “BSN sangat mendukung seluruh industri yang bermain di hilir sehingga mendukung perekonomian bangsa serta yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing global. Apalagi industri yang sudah menerapkan SNI,” ujar Bambang.

 

Sebagai industri penerima SNI Award, PT Pertamina Lubricants bisa menjadi contoh bagi industri lain bagaimana mereka mau menerapkan SNI secara sukarela untuk meningkatkan daya saing dan perlindungan kepada konsumen. “Kita tidak mengatakan produk pelumas non SNI pasti berkualitas jelek, tetapi dengan sertifikasi SNI akan memberikan jaminan tertulis bahwa produk pelumas tersebut berkualitas dan aman bagi kendaraan,” jelas Bambang.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sendiri telah menetapkan 27 SNI Pelumas yang masih aktif. Salah satu SNI tersebut adalah SNI 7069.2:2012, Klasifikasi dan spesifikasi – Pelumas – Bagian 2: Minyak lumas motor bensin 4 (empat) langkah sepeda motor yang merupakan revisi dari SNI 06-7069.2-1995, Klasifikasi dan spesifikasi – Pelumas – Bagian 2: Minyak lumas motor bensin 4 (empat) langkah sepeda motor. SNI ini disusun oleh subpanitia sub komite teknis 75-02-S3 – Produk Minyak Bumi, Gas Bumi dan Pelumas.

“SNI ini menetapkan persyaratan mutu yang dinyatakan dalam spesifikasi karakteristik fisika kimia dan spesifikasi parameter unjuk kerja untuk minyak lumas motor bensin 4 (empat) langkah sepeda motor,”jelas Bambang.

Dalam SNI, pengertian minyak lumas motor bensin 4 langkah sepeda motor adalah pelumas cair hasil proses pencampuran minyak lumas dasar yang berasal dari minyak bumi (mineral), minyak lumas dasar ulang dan bahan lainnya termasuk bahan sitentik ditambah aditif, yang dipergunakan untuk tujuan pelumasan motor bensin 4 langkah sepeda motor.

“Salah satu bahan utama minyak lumas motor bensin 4 langkah sepeda motor adalah minyak lumas dasar mineral yang berasal dari hasil pengolahan minyak bumi yang digunakan untuk pembuatan minyak lumas dan minyak lumas dasar sintetik yang berasal dari hasil reaksi kimia untuk menghasilkan senyawa dengan karakter terencana dan terukur yang digunakan untuk pembuatan minyak lumas,”jelas Bambang.

Penetapan SNI minyak pelumas didasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pertimbangan perlindungan konsumen dari beredarnya minyak pelumas yang tidak aman. “Dengan menerapkan SNI Minyak Pelumas, konsumen akan lebih yakin dan merasa aman terutama ini digunakan untuk kendaraan bermotor yang menyangkut masalah keselamatan,”katanya lagi.

 

Sementara itu, Direktur Operasi PT Pertamina Lubricants Mohamad Irfan di hadapan peserta kunjungan memaparkan profil perusahaan serta menyampaikan komitmennya untuk terus konsisten dalam menerapkan SNI. ”Sebagai perusahaan yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan pelumas dunia, PT Pertamina Lubricants mendukung penuh penerapan standardisasi produk dan penggunaan produk bersertifikat SNI. Ini merupakan komitmen perusahaan untuk secara konsisten memberikan produk dengan kualitas terbaik untuk konsumen Indonesia dan juga memiliki competitive advantage ketika bersaing dipasar global. Hal tersebut dibuktikan dengan upaya PT Pertamina Lubricants dalam terus mendaftarkan produk-produknya ke Balai Sertifikasi Industri (BSI) untuk memperoleh SPPT SNI (Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI) dimana perusahaan berhak untuk mencantumkan logo SNI (Standar Nasional Indonesia) pada setiap kemasan produknya," ujarnya.

Mohamad Irfan melanjutkan bahwa Pelumas Pertamina ditunjang dengan sumberdaya baik human capital, technology, knowledge, financial, production facility dan R&D yang andal, produk Pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional baik berupa Approval dari badan-badan uji pelumas International seperti API, ACEA, JASO, dari Original Engine Manufacturer (OEM) seperti Daimler Chrysler, Mercedes Benz, Toyota, Honda, Suzuki dan yang terbaru telah menjadi technical partner pabrikan Super Car ternama Automobile Lamborghini.

Bambang menjelaskan, pelumas yang sesuai SNI itu harus sesuai dengan spesifikasi produk pelumas yang aman dan berkualitas yang meliputi karakteristik fisika kimia termasuk viskositas dan parameter unjuk kerja. Sebagaimana diketahui, Viskositas adalah ukuran tahanan dalam dari aliran zat cair. Adapun tingkat viskositas minyak lumas motor bensin 4 langkah sepeda motor dapat dibedakan menjadi 2 yakni viskositas monograde antara lain : SAE 30, SAE 40 dan SAE 50; dan viskositas multigrade antara lain: SAE 20W-40, SAE 20W-50 dan SAE 15W-40.

 

 

Selain berkunjung ke PUG PT Pertamina Lubricants, Kepala BSN juga berkunjung ke salah satu program CSR/Corporate Social Responsibility yang berlokasi di Jalan Marabahan II/17 GKB, Gresik, Jawa Timur. Dalam program ini, Pertamina Lubricants memfasilitasi pendirian bengkel milik Dimas Aji Nugroho yang setiap harinya bisa melayani sedikitnya 2 sampai 3 motor yang melakukan penggantian oli. Menurut Kepala BSN, program ini sangat baik untuk dikembangkan karena selain dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya standar, juga secara tak langsung ikut membantu program pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran. (dnw-nda/humas)

 

Dokumentasi foto terkait dapat dilihat di :http://www.bsn.go.id/main/galeri/detail/548/kepala-bsn-kunjungi-pug-pt-pertamina-lubricants

 

Kliping berita terkait :

1. http://www.siagaindonesia.com/181442/bsn-pastikan-pelumas-sni-terjamin-mutu-dan-kwalitasnya.html
2. https://jatim.antaranews.com/berita/253693/bsn-label-sni-pada-pelumas-jaminan-kualitas3. https://news.detik.com/advertorial-news-block/3982726/gunakan-pelumas-sni-yang-lebih-terjamin-mutu-dan-kualitasnya
4. https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/04/21/66788/lindungi-mesin-rekomendasi-pelumas-berlabel-sni

5. https://beritalima.com/pertamina-lubricants-dukung-penerapan-sni/
6. https://news.detik.com/advertorial-news-block/3982731/pertamina-lubricants-dukung-penerapan-wajib-sni-pelumas#
7. http://beritajatim.com/ekonomi/326660/pertamina_lubricants_gencar_daftarkan_produknya_ber-sni.html
8. http://www.memorandum.id/daerah/gresik/23875-bsn-sebut-pelumas-sni-lebih-bermutu
9. Harian Radar Gresik, Sabtu 21 April 2018 Hal. 1 Link : http://www.bsn.go.id/main/berita/detail/9250/lindungi-mesin-rekomendasi-pelumas-berlabel-sni
10. https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/04/21/66788/lindungi-mesin-rekomendasi-pelumas-berlabel-sni
11. Harian Duta, Sabtu 21 April 2018 Link : http://www.bsn.go.id/main/berita/detail/9255/pelumas-sni-terjamin-mutu-dan-kualitas
12. Link : http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/pertamina-lubricants-dukung-penerapan-sni

13. http://www.siagaindonesia.com/181442/bsn-pastikan-pelumas-sni-terjamin-mutu-dan-kwalitasnya.html
14. http://swaragresik.com/bsn-kemenperin-bakal-wajibkan-pelumas-ber-sni/
15. http://bisnissurabaya.com/2018/04/23/pelumas-wajib-miliki-sertifikasi-sni-ini-alasannya/
16. https://www.mercuryfm.co.id/single-post/2018/04/23/PERTAMINA-LUBRICANT-GENCAR-DAFTARKAN-PRODUKNYA-UNTUK-PEROLEH-SNI
17. http://www.bumn.go.id/pertamina/berita/1-Pertamina-Lubricants-Dukung-Penerapan-Wajib-SNI-Pelumas-