Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Saksikan di Kick Andy, ABG ber-SNI

  • Jumat, 06 April 2018
  • Haryanto Hary
  • 854 kali

Adalah Amin Ben Gas atau disingkat ABG, merk konverter kit Mesin BBM ke BBG dan sebaliknya karya inovasi dari Amin putra nelayan Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat. Di bawah bendera perusahaan PT Kian Santang, ABG merupakan salah satu diantara sekian puluh UMK binaan BSN yang telah bersertifikat SNI serta mendapat manfaat dari penerapan SNI. Selain sudah SNI, ABG juga mengantongi sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 84,84%.

Dengan konverter kit ABG, nelayan-nelayan kecil (tradisional) di kawasan pesisir dan terpencil dengan perahu/kapal kecil di bawah 30 GT (Gross Tonnage) kini ada solusi hemat untuk melaut tidak perlu khawatir dengan kelangkaan BBM. Mesin perahu dapat digerakan dengan berbahan bakar LPG Tabung 3 kg, dimana 1 tabung setara dengan 10-15 liter BBM (bensin).

Dibina sejak tahun 2015, ABG merupakan salah satu pemenang dari tender pengadaan paket konversi energi bagi nelayan kecil (amanah dari Perpres 126 tahun 2015). Sampai saat ini, produk ABG ini sudah digunakan oleh lebih dari 6000 nelayan kecil dari wilayah pesisir maupun terpencil hampir di semua kepulauan NKRI, mulai dari Banda Aceh, Pasaman, Padang, Palembang, Sukabumi, Cilacap, Cirebon, Kubu Raya, Mempawah, Manado, Selimbau, Makassar dan Wakatobi.

Maret lalu, Kick Andy yang dipandu presenter ternama Andy F. Noya, secara khusus mengundang ABG dalam tajuk Ayo Beraksi untuk Negeri. ABG akan tampil bersama dengan Petani Pelosok Legendaris dari Lampung Tengah, Surono Danu, penemu bibit padi unggul yang diberi nama Sertani 13 atau MSP 13. Bibit padi temuan Surono ini bahkan ditawar senilai 400 juta oleh pihak asing yang ditolak mentah-mentah oleh Surono. Karena bagi Surono bibit padi ini ia ciptakan untuk mensejahterakan petani Indonesia.

Selain itu juga, diisi oleh sepasang suami istri muda dari Sleman, Jogjakarta, Andhika Mahardika dan Asri Saraswati yang terinspirasi untuk bekerja di desa. Dengan mendirikan Agradaya dan mengajak pemuda untuk bertani dengan perspektif global. Berbagai pelatihan kepada petani mulai dari natural farming, manajemen lahan dan usaha tani serta pembuatan rumah surya yaitu pengering untuk pasca panen.

Acara Kick Andy ini akan ditayangkan pada hari Jum’at, 6 April 2018, pukul 19.30 WIB dan tayang ulang Sabtu esoknya, pukul 13.05 WIB. Hadir saat pengambilan video (tapping), Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi, Y. Kristianto Widiwardono, Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Mineral Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Amalyos Chan, dan Maskot SNI Si Rino. (Har)

 

Informasi tautan:

1. Video profile singkat ABG di https://www.youtube.com/watch?v=x6lZ_xceKjE

2. Situs KickAndy di http://www.kickandy.com/theshow/read/3811-ayo-beraksi-untuk-negeri

3. Situs ABG di http://aminbengas.com/ 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat