Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kompetisi Standardisasi Nasional SMA/SMK Tahun 2018!

  • Rabu, 28 Maret 2018
  • 9445 kali

Untuk mempersiapkan generasi muda yang sadar akan pentingnya standar guna membangun daya saing industri nasional, Badan Standardisasi Nasional (BSN) merasa perlu untuk mulai menanamkan pemahaman dan keterampilan standardisasi. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui kegiatan Kompetisi Standardisasi Nasional SMA/SMK. Kompetisi ini diadopsi dari International Standard Olympiad yang diselenggarakan oleh Korea Selatan.

Tujuan diselenggarakan Kompetisi ini untuk:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa/i dalam memecahkan masalah sederhana dan mengaitkannya dengan pemanfaatan standar* sebagai sesuatu yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan hidup;
  2. Meningkatkan minat siswa/i SMA/SMK untuk belajar standardisasi;
  3. Mempublikasikan dan mempromosikan kompetisi standardisasi nasional yang diselenggarakan oleh BSN untuk memajukan bangsa dalam pendidikan standardisasi.

 

Tahun 2018 ini, BSN kembali membuka pendaftaran untuk keikutsertaan Kompetisi Standardisasi Nasional SMA/SMK. Tema yang diambil pada tahun ini adalah Standard for Renewable Energy”. Berbeda dengan kompetisi sebelumnya, persyaratan untuk kompetisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK kelas 10 atau 11 (Setiap sekolah dapat mengirimkan 1 s.d. 3 esai)
  2. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris (lisan dan tulisan)
  3. Surat keterangan sehat dari dokter/Puskesmas (jika dinyatakan sebagai pemenang)
  4. Surat ijin dari orang tua/wali (jika dinyatakan sebagai pemenang)
  5. Bagi pemenang, harus memiliki passport yang masih berlaku (masa berlaku minimal sampai dengan April 2019).

 

Pendaftaran dibuka selama 1 – 30 April 2018. Pendaftaran dapat dikirimkan melalui email ke kompetisi-standar@bsn.go.id. Untuk informasi lebih lanjut silakan akses kompetisi-standar.bsn.go.id.

Unduh form pendaftaran di sini.