Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Edukasi Peserta Funwalk dengan Permainan Edukatif

  • Minggu, 25 Maret 2018
  • - -
  • 513 kali

Masyarakat sebagai konsumen berhak mendapatkan produk yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, tidak semua konsumen dapat memilah dan memilih barang yang berkualitas. Sebagai salah satu upaya Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam mengedukasi masyarakat, BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggungjawab di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian mengajak para peserta Funwalk Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) untuk bermain dalam permainan edukatif di klinik Standardisasi BSN, bertempat di pelataran kantor Lemhannas, Minggu (25/3/18). Funwalk yang dibuka oleh ketua umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas, Agum Gumelar ini dihadiri oleh +/- seribu peserta.

 

Dua permainan yang disuguhkan dalam klinik standardisasi BSN adalah permainan ular tangga raksasa dan detektif Standar Nasional Indonesia (SNI). Seperti halnya permainan ular tangga pada umumnya, pemenangnya adalah peserta yang paling pertama menempatkan biduknya di kotak paling akhir. Namun bedanya, yang menjadi biduk dalam permainan ini adalah peserta itu sendiri. Tambah menarik lagi karena di dalam kotak permainan diisi keterangan singkat tentang SNI dalam kehidupan sehari-hari.

“Ibu boleh langsung menempati kotak nomor 60 karena di kotak nomor 45 ibu telah minum air mineral bertanda SNI. Salah satu ciri produk yang berkualitas adalah telah memenuhi SNI,” ujar Kepala Sub Bagian Pers dan Media Massa BSN, Denny Wahyudhi saat memberikan penjelasan kepada salah satu peserta permainan ular tangga raksasa.

 

Dalam kesempatan ini, Denny pun berpesan kepada para pengunjung klinik standardisasi  agar turut mempertimbangkan aspek keamanan, keselamatan, kesehatan saat memilih produk  untuk kebutuhan sehari-hari "Jangan sampai produk yang kita pilih justru malah dapat membahayakan kesehatan kita, keselamatan kita," ujar Denny. 

 

Selain permainan ular tangga raksasa, BSN juga menyuguhkan permainan detektif SNI. Dalam permainan ini, para peserta diminta mencari produk ber-SNI sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pemandu permainan, dan menunjukkan logo SNI-nya kepada pemandu permainan.

 

Permainan yang disuguhkan memang untuk segala umur. Peserta funwalk dari berbagai kalangan usia pun antusias mengikuti permainan yang disuguhkan oleh BSN. Dalam kesempatan ini, maskot SNI, Si Rino pun hadir untuk menghibur para peserta funwalk. Diharapkan, melalui permainan-permainan sederhana seperti ini, para peserta dapat lebih aware tentang produk yang berkualitas, dan dapat memilih produk-produk ber-SNI untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ingat kualitas, ingat SNI! (ald-Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat