Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Akan Gelar SNI Award 2018, Kategori Penerima Bertambah

  • Rabu, 14 Maret 2018
  • 1840 kali

NASIONAL, BERITAANDA – Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI), untuk yang ke-14 kalinya sejak tahun 2005, BSN akan beri penghargaan SNI Award bagi perusahaan/organisasi yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan SNI.

 

SNI Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang standardisasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional. Pelaksanaan SNI Award dilakukan melalui serangkaian kegiatan penilaian yang sangat ketat sesuai kriteria oleh para evaluator yang kompeten, yang selanjutnya hasil penilaian dikaji oleh para dewan juri yang beranggotakan para stakehoder di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian, ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.

 

Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Zakiyah menuturkan, sejak menjadi peserta SNI Award, peserta berkesempatan untuk mendapatkan umpan balik hasil penilaian SNI Award yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi.

 

“Bahkan, penerima penghargaan kategori organisasi kecil barang dan jasa berkesempatan mendapat pelatihan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian secara gratis, serta berkesempatan untuk diikutsertakan pada forum promosi internasional,” ujar Zakiyah, Rabu (14/3/2018).

 

Penilaian SNI Award pada hakekatnya berorientasi pada kegiatan standardisasi dan pemanfaatan SNI secara berkelanjutan. Kerangka kerja SNI Award dikembangkan berdasarkan kajian dari beberapa sistem penilaian kinerja atau sistem award yang telah teruji seperti Malcom Baldridge National Quality Award (MBNQA), Excellent Services, SNI ISO 9004 dan lain-lain

 

Pelaksaaan SNI Award dari tahun ke tahun selalu melakukan perbaikan berkelanjutan, salah satunya melakukan benchmark dengan penyelenggaraan award sejenis, sebagai pembanding hal-hal positif yang dapat digunakan dalam kegiatan penyelenggaraan, sistem penilaian maupun penganugerahan.

 

SNI Award tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, dimana SNI Award tahun ini juga diberikan kepada organisasi pendidikan.

 

“Ada 2 kategori tambahan, yaitu kategori organisasi pendidikan menengah dan organisasi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan berlaku sekurang-kurangnya 2 tahun atau sejak tanggal 1 Maret 2016,” jelas Zakiyah.

 

Peserta SNI Award nantinya diminta mendeskripsikan seluruh aktivitasnya terkait dengan kriteria SNI Award yang ditetapkan. Penerima SNI Award akan mendapatkan sertifikat SNI Award dan trophi SNI Award peringkat platinum, emas, perak dan perunggu. Bagi penerima penghargaan SNI Award yang 3 tahun berturut-turut mampu mempertahankan peringkat platinum diberikan penghargaan khusus.

 

SNI Award tahun ini telah dibuka pendaftarannya sejak 1 Maret sampai dengan 31 Mei 2018. Informasi lengkap tentang SNI Award dapat diakses di website BSN (http://bsn.go.id/main/berita/detail/9112/pendaftaran-sni-award-2018-telah-dibuka).

 

“Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya partisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar,” jelas Zakiyah.

 

Ada 12 Katagori penerima SNI Award Tahun 2018 yaitu,

 

Organisasi Kecil Barang, Organisasi Kecil Jasa, Organisasi Menengah Barang Sektor Pangan, Pertanian dan Kesehatan, Organisasi Menengah Barang Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk Logam, Organisasi Menengah Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka, Organisasi Menengah Jasa, Organisasi Besar Barang Sektor Pangan, Pertanian dan Kesehatan, Organisasi Besar Barang Sektor Elektro Teknika, Logam dan Produk Logam, Organisasi Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka, Organisasi Besar Jasa, Organisasi Pendidikan Menengah, dan Organisasi Pendidikan Tinggi. (Febri)

 

link: http://beritaanda.net/bsn-akan-gelar-sni-award-2018-kategori-penerima-bertambah/