Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Ikuti SNI Award, Tingkatkan Performa Perusahaan

  • Rabu, 14 Maret 2018
  • - -
  • 871 kali

Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI), untuk yang ke-14 kalinya sejak tahun 2005, Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan beri penghargaan SNI Award bagi perusahaan/organisasi yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan SNI. SNI Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang standardisasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional.

Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Zakiyah menuturkan, sejak menjadi peserta SNI Award, peserta berkesempatan untuk mendapatkan umpan balik hasil penilaian SNI Award yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi. “Bahkan, penerima penghargaan kategori organisasi kecil barang dan jasa berkesempatan mendapat pelatihan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian secara gratis serta berkesempatan untuk diikutsertakan pada forum promosi internasional,” ujar Zakiyah di sela-sela acara Gathering SNI Award 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (14/3/18). 

 

Vice President of Precious Metals, sales & marketing PT Antam Logam Mulia, Yosep Purnama, mengakui manfaat dari mengikuti SNI Award. "Pasar sangat dinamis. Dengan kita mendapat SNI Award, tingkat kepercayaan pelanggan semakin tinggi, pasar akan mengikuti," ujar Yosep. Ia pun mengakui bahwa dengan standardisasi dapat melancarkan proses ekspor. Yosep mencontohkan bahwa PT Antham berhasil ekspor emas batangan berbjentuk hello kitty ke jepang karena ada standardisasi. “Kunci dalam logam mulia adalah standardisasi,” tegasnya.

PT Pertamina Lubricant yang telah mengikuti SNI Award sudah 9 kali pun merasakan benefit dari SNI Award. “Dengan mengikuti SNI Award, kami dapat melakukan pembenahan internal, mulai dari SDM, tata kerja, proses, sistem, dan lain sebagainya,” ujar Direktur Sales & marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa. Sampai saat ini, PT Pertamina Lubricant telah mendapatkan 5 SNI Award kategori emas dan 1 platinum.

 

Andri pun mengakui bahwa PT Pertamina Lubricant telah merasakan hasil dari penerapan SNI. “Pertumbuhan positif terus, dan ekspansi kami ke luar negeri jalan terus,” paparnya.

 

Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atmajaya, Agustinus Prasetyantoko menyatakan bahwa SNI Award dapat menjadi batu loncatan bagi Universitas Atmajaya untuk menjadi world class university. “Apa yang kami ikuti dengan proses SNI Award selaras dengan tujuan strategi kami. Kami ingin menjadi universitas yang punya standar internasional. Tentu sebelumnya kami harus paripurna dengan standar nasional,” ujarnya.

 

Sejak tahun 2015 hingga 2017, Unika Atmajaya selalu meraih SNI Award kategori emas. Penghargaan ini menjadi modal bagi Unika Atmajaya untuk meraih mimpinya. Tahun ini Unika Atmajaya akan dievaluasi oleh Asean University Network untuk beberapa program studi. “Kami menggunakan SNI Award sebagai sarana untuk berbenah. Kami jalani proses itu untuk meningkatkan mutu kami,” paparnya.

 

Pakar ekonomi, Rhenald Kasali pun ikut menyuarakan pentingnya standardisasi. “Standardisasi sangat penting karena menyangkut keselamatan, persaingan usaha, serta menyangkut soal kualitas,” ujarnya.

 

SNI Award merupakan ajang bagi perusahaan untuk “naik kelas”. Dalam kesempatan ini, Rhenald Kasali mengajak para pelaku usaha untuk berani “naik kelas”, berani membangun standar yang baik di Indonesia. Berani untuk susah sedikit. “Standar adalah kebutuhan dan persaingan abad baru, mari kita sama-sama perbaiki diri sehingga perusahaan Indonesia bisa bersaing, dengan Standar Nasional Indonesia,” ajaknya. (ald-Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat