Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Selamat Kepada UMK yang Terpilih!

  • Senin, 05 Maret 2018
  • 4776 kali

Seperti di tahun sebelumnya, pada tahun 2018 Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali melakukan pembinaan penerapan SNI terhadap Usaha Mikro Kecil (UMK) di Indonesia. Sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 20 Tahun 2014, BSN dapat bekerjasama dengan kementerian, lembaga pemerintah memiliki tugas melakukan pembinaan penerapan SNI untuk meningkatkan daya saing produk nasional. Pembinaan penerapan SNI kepada para pelaku UMK berupa  pendampingan pemenuhan SNI, biaya pengujian produk dan sertifikasi SNI, sampai pemeliharaan sertifikasi SNI serta promosi produk/jasa UMK.

Oleh karena itu, di awal tahun 2018 BSN membuka kesempatan secara online bagi para pelaku UMK untuk mendaftarkan usaha mereka memperoleh program insentif pembinaan penerapan SNI. Pendaftaran terhadap pembinaan UMK yang dilakukan oleh BSN telah dibuka pada tanggal 26 Januari hingga 22 Februari 2018 melalui website bsn.go.id.

Berdasarkan rekapitulasi pendaftar yang masuk, dari pendaftaran secara online tercatat ada 114 UMK yang telah mendaftarkan diri untuk memperoleh insentif berupa pembinaan penerapan SNI dari BSN. Dari 114 pendaftar tersebut, 50 UMK dinyatakan lolos seleksi awal administrasi dan akan dilanjutkan dengan GAP analysis ke lokasi produksi UMK.

Selain membuka pendaftaran online untuk meningkatkan penerapan SNI oleh pelaku UMK di wilayah Indonesia, BSN juga bekerjasama dengan sejumlah mitra, antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian,  Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan komunitas dalam melakukan pembinaan penerapan SNI bagi UMK. Hingga saat ini terdapat 50 UMK yang telah diusulkan oleh para mitra BSN tersebut untuk memperoleh pembinaan penerapan SNI di Tahun 2018 ini. Melalui sinergi dengan institusi pembina UMK, diharapkan UMK yang mendapatkan sertifikasi SNI semakin luas sehingga produk lokal bisa meningkatkan daya saingnya ke tingkat nasional bahkan ke global.

Daftar lengkap 50 UMK dinyatakan lolos seleksi awal administrasi dapat diunduh melalui attachment di bawah atau klik di sini.

Attachment