Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIDANG KE-4 INDONESIA - EUROPEAN UNION COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IEU-CEPA)

  • Senin, 26 Februari 2018
  • Prasetyo Nugroho
  • 1139 kali

Putaran perundingan Indonesia-EUCEPA, kembali diselenggarakan pada tanggal 19 – 23 Februari 2018 di Surakarta, Indonesia. Kedua Pihak secara intensif membahas kerangka kerjasama bilateral yang dituangkan dalam beberapa perjanjian dimana salah satunya adalah Trade in Goods (TIG) yang juga mencakup Chapter Technical Barrier to Trade (TBT). Dalam putaran kali ini, BSN sebagai ketua tim perunding Chapter TBT didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Kementerian KOMINFO, Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan.

Indonesia dan EU mencoba untuk saling memahami lebih mendalam mengenai sistem, aturan dan prosedur yang berlaku di masing-masing pihak. Perbedaan sistem, aturan dan prosedur yang berlaku menjadi isu yang membuat perundingan berjalan lambat dalam mencapai kesepakatan termasuk didalamnya standar, regulasi teknis dan penilaian kesesuaian. Beberapa isu yang dibahas antara lain meliputi keanggotaan pada organisasi standardisasi internasional, keterkaitan Chapter ini dengan Perjanjian TBT WTO, penerapan Supplier Declaration of Conformity (SDoC) pada beberapa produk dan sektor.  Namun demikian, perundingan kali ini menunjukkan kemajuan dimana beberapa pasal telah mencapai kesepakatan bersama.

Indonesia dan EU akan melakukan komunikasi internal dengan para pemangku kepentingan di masing-masing pihak terkait dengan beberapa pasal yang belum mencapai kesepakatan termasuk penentuan produk atau sektor, dan selanjutnya akan dirundingkan pada pertemuan IEU-CEPA pada pertengahan tahun 2018 mendatang. (PKS-BSN)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat