Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perundingan Intersesi Bidang Standar, Regulasi Teknis Dan Penilaian Kesesuaian (STRACAP) Dalam Kerangka Kerjasama Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Sebagai Upaya Mencapai Target Penyelesaian Tahun 2018

  • Jumat, 09 Februari 2018
  • - -
  • 883 kali

 

Di awal tahun 2018, ASEAN dengan 6 (enam) negara ASEAN Foreign Partners (AFP)  yang terdiri dari Australia, India, Jepang, Korea, Selandia Baru dan Tiongkok, kembali bertemu guna melanjutkan perundingan bidang standar, regulasi teknis dan penilaian kesesuaian (STRACAP) dalam kerangka Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).  Kali ini, Australia bertindak sebagai tuan rumah dan hadir dalam pertemuan ini seluruh negara anggota RCEP, kecuali Laos, Filipina dan Myanmar, serta perwakilan dari ASEAN Sekretariat. Perundingan kali ini bersifat intersesi sebagai upaya untuk mengejar target penyelesaian perundingan di akhir tahun 2018 ini. Delegasi Indonesia diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama Standardisasi Internasional-Badan Standardisasi Nasional (BSN) didampingi oleh perwakilan dari Direktorat Perundingan ASEAN-Kementerian Perdagangan dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Canberra, Australia.

 

Perundingan masih melanjutkan pembahasan elemen-elemen penting sebagaimana yang dimandatkan oleh Trade Negotiating Committee (TNC). Isu terkait standar, regulasi teknis dan penilaian kesesuaian menjadi materi utama dalam perundingan kali ini. Selain itu juga membahas secara intensif isu terkait struktur organisasi pemerintah yang menangani standardisasi dan penilaian kesesuaian di masing-masing negara, keterkaitan dengan Perjanjian WTO-TBT, keberadaan organisasi internasional bidang standar dan penyelesaian sengketa. Perundingan menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan sejalan dengan disepakatinya beberapa para dalam bab STRACAP.

 

ASEAN dan AFP sepakat untuk mengintensifkan perundingan di sepanjang tahun 2018.  Putaran perundingan selanjutnya akan diselenggarakan pada bulan Mei 2018 di Singapura (pks-bsn).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat